Bikin Bangga UIN Rafa, Film Dokumenter Mahasiswa Prodi Jurnalistik Tayang di FGD Isu Lingkungan Hidup | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Penayangan film dokumenter yang dikerjakan mahasiswa Prodi Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang disaksikan secara langsung oleh sejumlah pejabat, akademisi, praktisi media dan penggiat serta organisasi lingkungan hidup di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Bikin Bangga UIN Rafa, Film Dokumenter Mahasiswa Prodi Jurnalistik Tayang di FGD Isu Lingkungan Hidup

Palembang, Detik Sumsel- Penayangan film dokumenter yang dikerjakan mahasiswa Prodi Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang disaksikan secara langsung oleh sejumlah pejabat, akademisi, praktisi media dan penggiat serta organisasi lingkungan hidup di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Diketahui, Film dokumenter tersebut merupakan karya yang dihasilkan mahasiswa Prodi Jurnalistik yang diinisiasi pihak RMOL Sumsel saat melaksanakan tugas praktik profesi alias magang di kantor berita berjejaringan di Indonesia ini.

Adapun mahasiswa yang menggarap film dokumenter tersebut yaitu Muhammad Wildan Royhan, Salsadilah Roesy Pratama, Kesiya Agustina, Fajri Wiratmansyah, Juan Muliawan Fatrin, Jona Agung, Suci Novita Sari, dan, Reni Aditia Sapitri.

Film yang dikerjakan delapan mahasiswa Prodi Jurnalistik ini berdurasi selama delapan menit dengan judul “Menjejak Sejahtera di Atas Bara” disutradari oleh Muhammad Fajar Wiko, bercerita tentang berbagai masalah yang timbul akibat aktivitas pertambangan terhadap lingkungan dan ekonomi di Sumsel.

Ketua Prodi Jurnalistik, Dr Nurseri Hasnah, M.Ag ikut berbangga atas karya yang dihasilkan mahasiswa tersebut.

Baca Juga :   Program Studi PIAUD Adakan Simulasi Persiapan Akreditasi

Apalagi, ungkapnya, debut penayangan film dokumenter ini disaksikan oleh sejumlah pejabat, pengamat, akademik, para Sultan Palembang, pemerhati lingkungan, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi serta sejumlah elemen masyarakat lainnya di Sumsel.

“Alhamdulillah, berkat bimbingan dari Tim Redaksi RMOL Sumsel, mahasiswa kita bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Patut kita apresiasi dan menjadi kebanggaan,” ungkap Nurseri usai menghadiri penayangan Film Dokumenter di Hotel Grand Inna Daira Palembang, Minggu (4/6/2022).

Menurut Nurseri, dalam waktu 40 hari kerja saja, mahasiswa Prodi Jurnalistik telah mampu menghasilkan karya yang layak untuk dinikmati khalayak.

Jika dimaksimalkan dengan baik, pihaknya optimis mahasiswa Prodi Jurnalistik mampu menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi.

“Saat kuliah, mahasiswa dibekali dengan berbagai kompetensi, mulai dari jurnalime televisi, film, radio, cetak hingga online. Mereka sudah memiliki skill dasar, tinggal diperdalam lagi sesuai keinginan masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Redaksi RMOL Sumsel, Muhammad Fajar Wiko mengatakan, output mahasiswa magang dari Prodi Jurnalistik berbentuk film dokumenter tentang isu lingkungan.

Baca Juga :   Anggota Satgas TMMD dan Warga Gotong Royong Renovasi Masjid Al Ikhlas

“Selama ini mahasiswa magang hanya datang, pergi dan belajar saja. Kita ingin mahasiswa magang punya karya nyata dan bisa disuguhkan kepada khalayak,” ucapnya.

Dia mengaku, Prodi Jurnalistik merupakan kampus pertama yang menitipkan mahasiswanya untuk belajar bidang jurnalisme online di RMOL Sumsel.

“Kita memberikan yang terbaik. Ini telah kita lakukan kepada mahasiswa Prodi Jurnalistik. Dibawah bimbingan tim RMOL, mereka mampu menghasilkan film dokumenter,” tegasnya.

Turut hadir dan menyaksikan pemutaran film dokumenter pada FGD isu lingkungan oleh RMOL Sumsel diantaranya, Kepala Dinas ESDM Sumsel, Hendriansyah dan Kabid Gakkum DLHP Sumsel, Yulkar Pramilus, Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Ir Holda MSi, Perwkailan Polda Sumsel, Yohan, Kasipendkum Kejati Sumsel, Mohammad Radyan, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin IV Fauwaz Diraja, pengamat politik, Bagindo Togar, peneliti Ari Wibowo, Dosen Universitas Bina Darma (UBD), Achmad Syarifudin, Aktivis HAM dan Penggiat Lingkungan.



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kapolsek Plaju Nikahkan Tahanan Pencuri HP

Palembang, Detik Sumsel — Suasana ramai terlihat di Aula Polsek Plaju, kota Palembang yang dipenuhi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.