BNI Distribusikan Kartu Tani dan KUR Tani di Sumsel | Detik Sumsel
Detik
Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan secara simbolis Kartu Tani dan KUR kepada petani (Ist)

BNI Distribusikan Kartu Tani dan KUR Tani di Sumsel

Palembang, Detik Sumsel – Untuk ikut mewujudkan program pemulihan ekonomi nasional, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani pemilik kartu tani serta mendorong realisasi kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pemimpin BNI Wilayah Palembang Sunarna Eka Nugraha mengatakan Kartu Tani merupakan kartu yang dirancang khusus untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani yang terintegrasi dengan layanan perbankan yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi.

Dalam penyaluran Kartu Tani, BNI dipercaya oleh Kementrian Ketahanan Pangan (Kementan) untuk menyalurkan kepada petani yang merupakan penerima manfaat subsidi pupuk.

“Di Sumatera Selatan Kartu Tani yang telah tercetak sebanyak 112.533 kartu dan telah terdistribusi sebanyak 34.786 kartu. Dengan tersalurkannya Kartu Tani di Sumatera Selatan, maka BNI memastikan subsidi pupuk akan segera tersalurkan kepada petani penerimanya,” jelas Sunarna disela kegiatan launching Kartu Tani bagi petani penakar benih dilahan cetak sawah mandiri Belitang, Selasa (29/09).

Ditambahkannya, selain menyalurkan kartu tani, diwaktu yang sama juga BNI menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk para petani diseluruh Indonesia, untuk mengembalikan perekonomi ditengah pandemi saat ini.

“Secara Umum BNI Wilayah Palembang telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Sumatera Selatan, dimana KUR tersebut dialokasikan kepada berbagai sektor usaha antara lain Perdagangan, Pertanian Perburuan dan Kehutanan, Jasa-jasa produksi, Industri Pengolahan serta Kelautan dan Perikanan dengan total 256 Miliar rupiah dari periode Januari – Agustus 2020 yang tersebar di 16 Kabupaten di Sumatera Selatan” ujar Sunarna.

Pembiayaan KUR sektor pertanian diberikan secara massif dan pihaknya juga melakukan pendampingan, pelatihan, dan pengembangan sektor pertanian secara komprehensif.

“Kami khususnya menaruh harapan besar pada sektor pertanian sebagai sektor yang masih dapat tumbuh melewati pandemi dan optimis mampu berkontribusi untuk aktivitas ekspor,” katanya.

Ia menambahkan, Pada periode September – Desember 2020 BNI siap menyalurkan KUR Tani kepada 554 debitur dengan maksimal pembiayaan sebesar 8,1 Milyar rupiah.

Semoga dengan adanya penyaluran KUR Tani ini dapat memberi manfaat bagi petani untuk meningkatkan produktifitas pertanian yang diharapkan meraup pendapatan yang lebih besar dan dapat membantu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). (ril/may)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hadirkan Aneka Chinese Oriental Mulai Rp 225 ribu 

Palembang, Detik Sumsel- Merayakan Tahun Baru Imlek 2573 dengan memanjakan lidah Anda bersama keluarga dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *