Bocor, Ribuan Kubik Air PDAM Lahat Terbuang Sia-sia | Detik Sumsel
Pemprov
Direktur PDAM Lahat, Hermidi, sedangmengecek intek air di bendungan Desa Suka Negara, Foto Heru/DS

Bocor, Ribuan Kubik Air PDAM Lahat Terbuang Sia-sia

Lahat, Detik Sumsel — Meskipun tidak berdampak bagi pelanggan, rupanya tak kurang 3272 meter kubik air milik PDAM Tirta Lematang Lahat, setiap harinya terbuang sia sia. Kondisi ini terjadi akibat banyaknya kebocoran pada pipanisasi PDAM yang memang sudah ‘usur’. Beruntung kebocoran tersebut tidak mempengaruhi suplai air ke warga.

Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat, Hermidi SH menerangkan, setiap harinya PDAM Lahat menyuplai air kepada pelanggan sebanyak 6552 liter kubik perhari. Namun, 3272 liter kubiknya terbuang sia sia. Hal ini tidak berpengaruh ke pelanggan, karena dari 6552 liter itu untuk melayani 8.190 pelanggan. Sementara PDAM Lahat, hanya memiliki 4.100 pelanggan.

“Karena kita tahu ada kebocoran, jadi kita produksi air lebih banyak untuk menutupinya. Ongkos produksi yang harus dibayar PDAM memang lebih mahal, yang penting tidak berimbas ke pelanggan,” terang Hermidi, Selasa (9/10).

Banyaknya pipa bocor yang harus diremajakan, jadi beban sendiri bagi PDAM untuk memaksimalkan pelayanan. Terlebih, PDAM sendiri tidak punya uang jika harus melakukan pembenahan. Sedangkan suplay anggaran dari Pemkab Lahat, juga belum ada. membuat PDAM Lahat tidak bisa berbuat banyak, hanya sebatas tambal sulam pada kebocoran.

“Ya terpaksa tambal sulam dulu. Pendapatan PDAM dalam satu tahun terakhir hanya Rp 664 juta, sudah termasuk untuk gaji karyawan dan biaya operasional. Jelas tidak cukup untuk melakukan pergantian pipa yang angkanya sampai bermiliaran rupiah,” ujarnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Hafal 30 Juz, Al Qur’an, Pemuda OKI Diganjar Apresiasi 

Kayuagung, Detik Sumsel-Bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *