BPBD OKU Siagakan 150 Orang Relawan Siaga Bencana | Detik Sumsel
Detik
BPBD OKU Siagakan 150 Orang Relawan Siaga Bencana
Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa

BPBD OKU Siagakan 150 Orang Relawan Siaga Bencana

Baturaja, Detik Sumsel — Potensi terjadinya bencana alam di setiap daerah tidak dapat diprediksi. Apa lagi saat ini kerap terjadi hujan lebat yang disertai cuaca ekstrim yang dapat menimbulkan bencana seperti banjir, tanah longsor. Mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kebupaten Ogan Komering Ulu Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU mensiagakan sedikitnya 150 orang relawan.

“Dalam sehari ada sekitar 15-18 relawan yang bertugas piket selama 24 jam,” kata Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa kepada detiksumsel.com Rabu (8/1).

Selain itu dikatakan Amzar, untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan informasi bencana, BPBD OKU juga menyiapkan call center bencana yang selalu siap melayani laporan masyarakat. bagi masyarakat mengetahui informasi bencana alam dapat melaporkan ke call center informasi bencana di (0735)7455028 atau di 0822.78016884.

“Bila ada informasi bencana segera hubungi call canter tersebut atau dapat melapor kepihak terkait,” pesannya

BPBD OKU juga melakukan update informasi mengenai cuaca dari BMKG yang diteruskan ke masyarakat baik melalui media sosial ataupun secara langsung. “Kita sudah sampaikan jadi tinggal masyarakat peduli atau tidak untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Update data BMKG ini menurut Amzar sudah dilakukan sejak lama, namun sejak memasuki musim hujan ini info ini lebih diintesitaskan. “Kita juga sudah menyiagakan posko BPBD yang disiagakan di kecamatan Semidang Aji dan Lubuk Batang. “Ini untuk mempermudab koordinasi,” ujarnya

Berdasarkan dari Badan geologi lanjut Amzar di OKU ada 8 daerah yang dianggap rawan tanah longsor, tanah bergerak dan banjir. 8 daerah itu yakni kecamatan Ulu Ogan, Muara Jaya, Pengandonan, Semidang Aji, Sosoh Buay Rayap, Lengkiti dan Kecamatan Baturaja Barat. “kita sudah sampaikan ke camat, dan kita himbau agar segera mungkin untul menyampaikan informasi jika terjadi bencana,” tukasnya. (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Eks Kapolres OKU Timur Ditahan, Diduga Terima Suap dari Bupati Muba Non Aktif 

Jakarta, Detik Sumsel — AKBP Dalizon eks Kapolres OKU Timur akhirnya resmi ditahan, setelah menjalani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *