Buntut Terbakarnya Rumah Warga Bupati Bakal Panggil PT Suprame Energi

Daerah, Featured, Lahat1 Dilihat
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Bupati Lahat, Cik Ujang SH meninjau lokasi kebakaran di Desa Air Dingin Baru, Kecamhat, Detik Sumsel – Musibah kebakaran yang menimpa 9 Kepala Keluarga, 27 jiwa warga Desa Air Dingin Baru, Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat Minggu (31/1), langsung ditanggapi Bupati Lahat, Cuk Ujang SH. Bupati bahkan mengatakan, bagi korban kebakaran yang belum memiliki rencana untuk tempat tinggal, lapor pada dirinya, akan disiapkan tempat tinggal sementara.

“Harus sabar, jika ada keluarga numpang tinggal kudai. Kalau tidak ada, balik ke rumah Bupati, masih ada 4 kamar lagi yang kosong,” ujar Cik Ujang, kepada korban kebakaran, sekitar pukul 14.00 WIB.

Cik Ujang membeberkan, kejadian ini diduga berawal saat mobil box bermuatan daging, meluncur dari Kota Palembang menuju PT Suprame Energi. Keterangannya ada kucing melintas, entah mungkin karena lalai, mobil menabrak pertamini milik Juliansyah (33) warga sekitar hingga menyebabkan ledakan.

Baca Juga :   Yuk Kenal Tradisi Makan Bajamba dari Tanah Datar

“Nanti Sekda Lahat akan panggil PT Suprame Energi, kita pinta keterangan dan apa tindakannya atas musibah ini,” tegas Bupati Lahat.

Bupati Lahat berpesan, kepada masyarakat korban kebakaran untuk lebih bersabar. Dirinya berjanji lima rumah yang rata dengan tanah, dua rumah rusak berat akan dibangun kembali.

“Insya Allah kita usahakan rumah berdiri lagi. Akan ditindaklajuti sesuai aturan. Bagi yang ingin memberikan bantuan, baiknya berupa uang, agar bisa dibelikan bahan bangunan,” ucapnya.

Sementara, Pj Sekda Lahat, H Deswan Irsyad menuturkan, sesuai arahan Bupati Lahat, Senin (1/2) tim terdiri dari Dinas PU Perkim, BPBD, Dinsos dan lainnya akan kembali ke lokasi kebakaran. Mencatat apa saja yang dibutuhkan, estimasi biaya, untuk rencana pembangunan ulang rumah korban kebakaran.

Baca Juga :   Bupati OI Minta Warga Berikan Informasi Detail Bukan Hoax

“Akan kita lihat dulu, kita cari solusi terbaik yang tidak menyalahi aturan,” tutur Deswan Irsyad.

Sebelumnya sekitar pukul 05.00 WIB warga setempat digegerkan dengan suara ledakan dari mobil box nopol B 9568 TCJ, bermuatan daging dari arah Palembang menuju PT Suprame Energi, usai menghantam pertamini milik warga.

Akibat kejadian itu, dua penumpang mobil box yakni Emi (36) dan anaknya Dapin (3) meninggal dunia ditempat, dengan kondisi hangus terbakar. Sedangkan suaminya (sopir) dan satu orang lagi menderita menderita luka bakar disekujur tubuh sekitar 80 persen, sudah dirawat di RSUD Lahat.

“Seluruh korban dari mobil, karna tidak sempat lagi keluar. Korban warga tidak ada. Saat menambrak diduga ada percikan api dan menyambar tumpahan minyak,” terang Fauzan, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Lahat. (Heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Komentar