Bupati Askolani di Bulan Ramadhan ini Bangun 1000 Jamban Sehat dan 75 RTLH untuk Masyarakat | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov

Bupati Askolani di Bulan Ramadhan ini Bangun 1000 Jamban Sehat dan 75 RTLH untuk Masyarakat

Pangkalan Balai, Detik Sumsel- Pada Bulan Puasa Ramadhan 1442 H tidak hanya melaksanakan safari ramadhan dan Tarawe keliling, namun dimanfaatkan Bupati Banyuasin H Askolani dan jajarannya untuk merealisasikan program Banyuasin Religius dan Gerakan Menuntut Amal (Gema) untuk masyarakat Banyuasin.

Seperti pada pembukaan kegiatan Safari Ramadhan dan Terawe keliling di Masjid Agung Al Amir, Rabu (14/4/2021) kemarin, Bupati H Askolani bersama Wabup H Slamet serta FKPD menyerahkan secara simbolis pembangunan 75 unit rumah tidak layak huni milik masyarakat, kemudian pembangunan 1000 jamban sehat untuk masyarakat di Kecamatan Banyuasin III, Tanjung Lago dan Talang Kelapa.

Menyerahkan bantuan program bea siswa, bantuan untuk lansia, pakir miskin dan anak yatim piatu. Bupati menyerahkan bantuan uang operasional untuk guru-guru ngaji se Kabupaten Banyuasin.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Askolani menyerahkan uang senilai Rp 453.402.221 yang merupakan uang zakat dan Infaq Shadaqoh dari ASN Pemkab Banyuasin kepada Ketua BAZNAS Banyuasin ustad Mubari untuk disalurkan kepada masyarakat Banyuasin yang membutuhkan.

Hadir dalam acara ini, Ketua DPRD Irian Setiawan, Kapolres, Dandim 0430, Kemenag, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua TP PKK Fitri Askolani dan Wakil Ketua Hj Neni Slamet, dan para kepala OPD Lingkup Pemkab Banyuasin.

Bupati H Askolani menegaskan bahwa Safari Ramadhan dan Terawe keliling sempat tidak dilaksanakan tahun 2020 karena pendemi Covid 19. Namun tahun 2021 program ini kembali dilaksanakan sehingga patut untuk di syukuri.

” Safari ramadhan dan Terawe keliling ini merupakan program Banyuasin Religius dan Gerakan Menuntut Amal (Gema) untuk masyarakat Banyuasin. Maka tahun ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan amal kebaikan dalam mencari
Ridho Allah. Karena nikmat ini tidak bisa kita laksanakan pada tahun 2020 karena pandemi Covid 19, maka tahun ini kita boleh sholat Terawe berjamaah di masjid namun tetap menerapkan protokol kesehatan dan berdoa agar Banyuasin khususnya dan Indonesia Umumnya sehat dari Covid 19 tersebut. “terangnya.

Baca Juga :   Bupati OKI Serahkan Tali Asih ke Veteran

Bupati H Askolani menegaskan bahwa safari ramadhan ini bagian dari upaya Pemkab Banyuasin untuk menjalin kebersamaan dan kekompakan dengan masyarakat serta sekaligus untuk menyerap aspirasi masyarakat di 21 Kecamatan. Dengan kegiatan ini, setidaknya pihaknya akan banyak mendapatkan informasi terkait proses pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan.

” Melalui kegiatan ini juga, kita akan menyalurkan bantuan pembangunan masjid, menyalurkan santunan bagi kaum duafa yang dititipkan melalui BAZNAS Banyuasin, meninjau hasil pembangunan dan juga memberikan pelayanan seperti pelayanan administrasi kependudukan dan kesehatan kepada masyarakat, “tegas Bupati Askolani.

Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan sangat mengapresiasi kepada Bupati Banyuasin yang kembali melaksanakan safari ramadhan dan Tarawe keliling ke 21 Kecamatan. DPRD tegas Politis Golkar ini sangat mendukung program Banyuasin Religius dan gerakan menuntut amal tersebut.

” Kami DPRD sangat mengapresiasi dan sekaligus berterima kasih karena kami diajak dalam safari ramadhan dan Terawe keliling tersebut. Artinya kami dewan sebagai wakil rakyat bisa mengunjungi masyarakat melalui kegiatan safari ramadhan ini. Maka saya instruksikan agar anggota dewan untuk hadir mendampingi Bupati ketika melaksanakan safari ramadhan ini terutama di daerah pemilihan masing-masing, “katanya.

Sementara itu, Sekda HM Senen Har sebagai Ketua Pelaksana Safari Ramadhan Kabupaten Banyuasin melaporkan bahwa Kegiatan safari Ramadhan keliling ini akan dilaksanakan 14 April – 8 Mei 2021. Dimulai pada Rabu 8 April pembukaan safari Ramadhan di Masjid Agung Al Amir dengan diisi ceramah agama oleh Ustad Solihin Hasibuan, dilanjutkan dengan buka bersama, sholat magrib dan terawe berjamaah.

Selanjutnya, safari Ramadhan di Masjid Darussalam Desa Cendana Kecamatan Muara Sugihan,. Masjid Jamiatul Muslimin Kelurahan Makartijaya Kecamatan Makartijaya, Masjid Darul Muttaqin Desa Sidomulyo Kecamatan Tungkal Ilir, Masjid Quba Desa Paldas Kecamatan Rantau Bayur, Masjid Jami Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II, Masjid Al Khoiriyah Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang, Masjid Baiturrahman Desa Tirta Makmur Kecamatan Air Kumbang, Masjid Al Muhajirin Desa Taja Raya I Kecamatan Betung.

Baca Juga :   Sebagai Ungkapan Terima Kasih, Cik Ujang Beri Beras Kepada Petugas Kebersihan

Masjid Baiturrahman Desa Salek Mukti Kecamatan Air Saleh, Masjid Aflahul Mukminin Desa Terusan Dalam Kecamatan Sumber Marga Telang, Masjid Al Muhajirin Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I, Masjid Al Hidayah Desa Durian Gadis Kecamatan Rambutan, Masjid Baitul Iman Kelurahan Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa dan Masjid Baiturrohmah Desa Telang Jaya Kecamatan Muara Telang.

Kemudian, Masjid Jami’al Muttaqin Desa Penuguan Kecamatan Selat Penuguan, Masjid Miftahul Jannah Desa Bunga Karang Kecamatan Tanjung Lagi, Masjid Falahul Muhajirin Desa Rukun Makmur Kecamatan Pulau Rimau, Masjid Nurul Hidayah Desa Sumber Rejeki Kecamatan Karang Agung Ilir, Masjid Nurul Hikmah Desa Santan Sari Kecamatan Sembawa, Masjid Al Muttaqin Desa Durian Daun Kecamatan Suak Tapeh dan Masjid Taqwa Desa Galang Tinggi Kecamatan Banyuasin III.

” Safari Ramadhan dan Terawe keliling ini akan di ikuti Bupati, Wabup, Pimpinan dan anggota DPRD, Kapolres, Dandim 0430, Kejari, Kemenang, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekda, Para Asisten, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, Kepala OPD, Ketua MUI dan Ketua BAZNAS termasuk KNPI dan Karang Taruna, ” katanya.

Dalam safari ini terang Sekda, Bupati dan Wabup akan menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid masing-masing Rp 10 juta, 1 unit Mesin Genset, 100 paket sembako untuk pakir miskin, juga sejumlah paket bantuan dari BAZNAS Banyuasin.

” Melalui Program ini, Kita ingin merealisasikan program Banyuasin Religius dan Gerakan Menuntut Amal dan juga program pembangunan seperti beda rumah tidak layak huni, pembangunan jamban sehat, bantuan untuk guru ngaji dan lainnya, “tandasnya. (Faz)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Selain Covid, Malaria dan DBD Juga Hantui Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Terkait pengamanan stok obat di Kabupaten Lahat, H Said Chandra Utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *