Bupati Askolani-GM Pertamina Silaturrahmi Sambil Makan Duren | Detik Sumsel
Detik
Pemprov

Bupati Askolani-GM Pertamina Silaturrahmi Sambil Makan Duren

Pangkalan Balai, Detik Sumsel – Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, Rabu (27/1/2021) berkunjung ke PT Pertamina (Persero) RU III Sei Gerong Palembang. Kedatangan orang nomor satu di Banyuasin tersebut disambut langsung oleh General Manager PT Pertamina (Persero) RU III Palembang Mochammad Hasan Efendi beserta jajarannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai ini, Bupati Askolani dan GM Pertamina Mochammad Hasan Efendi beserta jajarannya ngobrol sambil menikmati buah durian. Bupati Inovatif ini siap mensuport PT Pertamina yang akan membangun kilang baru green refinary kilang minyak berbahan baku CPO di lahan seluas 30 ha dengan membantu proses perizinan dan Amdal. Dan sebaliknya Bupati juga meminta dukungan PT Pertamina dalam ikut membangun Bumi Sedulang Setudung Banyuasin melaui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam kunjungan silaturrahmi tersebut, Bupati didampingi Asisten I Hasmi, Kepala Bappeda Litbang Kosarudin, Kadis Lingkungan Hidup Izro Maita, Kadis PUTR Ardi Arfani, Kadis Perkimtan Zulkifli Idrus, Kepala Bapenda Supriadi, Kepala Dinas PTSPPM Ali Sadikin, Kadis Kominfo Noparedy, Stafsus Syaifuddin Zuhri, Kabag PUM Kerjasama Pujianto, dan Kabag Protokol Rayen Nurdinsyah.

Sedangkan Moch. Hasan Efendi – GM RU III Plaju didampingi Ahmad Aulia – SMOM RU III Plaju, Muhammad Rahmat – Eng Dev Manager, Komang Adi – Asset Manager,
Binsar Butar Butar – HSSE Manager,
Saleh Ali – Legal Counsel Manager
Rachmi Indah Sari – Comrell & CSR Manager danNugroho – Project Coordinator RDMP RU III

Kunjungan ini, dalam rangka kunjungan balasan yang mana sebelumnya General Manager PT Pertamina (Persero) RU III Palembang Mochammad Hasan Efendi beserta jajarannya telah berkunjung ke rumah dinas Bupati Banyuasin di Kota Pangkalan Balai.

GM Pertamina Mochammad Hasan Efendi menyampaikan rencana PT Pertamina yang akan membangun kilang baru green refinary, kilang minyak berbahan baku CPO di lahan seluas 30 hektar.

” Atas rencana ini, kami minta izin untuk land clearing walaupun Amdal masih dalam proses. Dan kami siap mensuport pembangunan Banyuasin melalui CSR yang kami miliki, ” katanya.

“Terhadap penggunaan lahan yang dipinjam Pemkab Banyuasin untuk fasilitas Umum seperti kantor camat, sekolah dan lainnya, saat ini sedag diproses di pertamina pusat, ” kata Hasan Efendi.

Bupati Askolani mengatakan Pemkab Banyuasin Prinsipnya dapat menyetujui dengan catatan segera masukkan dokumen untuk permohonan rencana PT Pertamina yang akan membangun kilang baru green refinary, kilang minyak berbahan baku CPO di lahan seluas 30 hektar tersebut.

Sebaliknya, Bupati Askolani meminta dukungan PT Pertamina dalam ikut membangun Bumi Sedulang Setudung Banyuasin melaui program Corporate Social Responsibility (CSR).

” Jembatan di Sungai Gerong ini permintaan masyrarakat kiranya bisa dibangun karena arealnya dilahan milik PT Pertamina. Untuk ikut melaksanakan program bedah rumah tidak layak huni, “katanya.

Bupati juga minta PT Pertamina ikut berpartisipasi membangun bungalow (home stay) di TN Sembilang dalam rangka mendukung pariwisata.

” Saya berharap pertamina ada program kemitraan terhadp petani padi dan masyarakat untuk UMKM. Pertamina harus punya kawasan pertanian binaan (kelompok tani) misalnya 100 ha untuk menunjukkan dukungannya atas program Banyuasin sebagai lumbung pangan nasional/petani bangkit, “katanya.

Dikatakan Bupati Askolani, dengan segala persolannya maka APBD Kabupaten Banyuasin tidak akan mampu membangun Banyuasin sesuai dengan keinginan masyarakat. Dengan keterbatasan itu, maka pihaknya membuat skema pembiayaan disamping APBD Kabupaten yakni APBN, APBD Provinsi, Pinjaman Daerah, PEN hingga memaksimalkan peran perusahaan melalui CSR.

” PAD kita sudah sangat tinggi sejak tahun 2019 lalu target Rp 161.032.233.597,15 realisasi Rp 200.616.348.310,39. Sedangkan PAD 2020 target Rp 229.786.620.409,43 realisasi Rp 196.940.432.338,8. Namun tidaklah cukup, maka kita gunakan skema pembiayaan lain seperti CSR ini. Dan alhamdulillah PT Pertamina sangat respon dan siap membantu Pemkab Banyuasin dalam membangun daerah kita, “tegasnya.

GM Pertamina Mochammad Hasan Efendi mengatakan pada prinsipnya pihaknya sangat mendukung apa yang diinginkan Bupati Banyuasin tersebut dan akan mengkoordinasikan dengan managemen PT Pertamina.

” Untuk jembatan Sei Gerong akan segera kami bangun, untuk bedah rumah akan kami koordinasikan dengan managemen, untuk membangun Bungalow prinsipnya kami setuju, “tandasnya. (Faz)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *