Cadangan Batubara di Lahat Tinggal 2,2 Miliar Ton | Detik Sumsel
BNI"
Aktifitas eksplorasi batu bara di Lahat, foto istimewa.

Cadangan Batubara di Lahat Tinggal 2,2 Miliar Ton

Lahat, Detik Sumsel – Sumber daya batu bara di Kabupaten Lahat diperkirakan bersisa sebanyak 2,2 miliar ton. Hal ini dilihat dari rata-rata produksi batubara sebesar 20 juta ton per tahun, maka umur cadangan batubara masih banyak untuk beberapa puluh tahun kemudian, apabila diasumsikan tidak ada temuan cadangan baru.

Tercatat, produksi terbanyak berasal dari PT Bukit Asam (PTBA) sekitar 7 – 8 juta ton. Disusul PT Muara Alam Sejahtera (PT MAS), PT Bara Alam Utama (PT BAU) PT BGG, PT Golden Great Borneo, PT Banjarsari Pribumi, PT Dzamatra Powerindo, PT DAS dan perusahaan lainnya dengan angka produksinya rata rata mulai 1-3 juta ton pertahunnya.

“Daya angkut batu-bara mencapai 20 juta ton. Kalau 25 juta itu sangat luar biasa pertahunnya,” ujar Kabag SDA Setda Pemkab Lahat, Syaifullah Aprianto, Senin (1/11).

Sementara, menurutnya, penambahan jumlah perusahaan batu bara di Kabupaten Lahat tidak bisa lagi dilakukan semenjak tahun 2009. Hal ini berdasarkan aturan dari pemerintah pusat dan harus dilakukan lelang. “Kalau PT BMS di Desa Manggul itu IUP nya sudah lama, hanya saja baru memulai,” ujarnya.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Lahat, Dedi Candera SE mengatakan, sebagai pengawas pihaknya sempat menyoroti ada perusahaan yang menyalurkan bantuan CSR tidak tepat sasaran. Padahal fungsi dari CSR sendiri agar bisa bermanfaat oleh warga di wilayah sekitar perusahaan dan sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lahat. Jangan sampai saat batubara habis nanti, warga Lahat hanya mendapatkan lubang-lubang hasil galian.

“Perda terkait CSR sudah disahkan, dengan begini fungsi pengawasan dari Dewan bisa dilakukan. Namun kita juga meminta, pemerintah daerah tegas terhadap persoalan tersebut, agar perusahaan jangan sampai melanggar aturan,” katanya. (Heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

1700 Anak Di OKU Dapat Makanan Tambahan Sehat

Baturaja, Detik Sumsel – Sebanyak 1700 anak-anak PAUD menerima makanan tambahan sehat dalam kegiatan pemberian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *