Cak Amir Berziarah ke Makam Raja Halu Oleo di Sulawesi Tenggara | Detik Sumsel
Pemprov
Cak Amir berziarah ke makam Halu Oleo di Sulawesi Tenggara

Cak Amir Berziarah ke Makam Raja Halu Oleo di Sulawesi Tenggara

Palembang, Detik Sumsel – Mewakil Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam kegaiatan MTQ Kopri di Sulawesi Tenggara KH Amiruddin Nahrawi, menyempatkan diri berziarah ke makam Raja Sao Sao atau yang dikenal dengan Halu Oleo

“Saya doakan Alhmarum Raja Sao Sao di tempatkan di Surganya Allah,”ucap Cak Amir panggilan akrab KH Amiruddin Nahrawi melalui sambungan seluler, Senin (15/11).

KH Amiruddin Nahrawi mewakil Gubernur di MTQ Kopri di Kendari

Untuk diketahui, makam Halu Oleo merupakan salah satu cagar budaya di Sulawesi Tenggara. Dan makam ini terletak di di Jalan D.I Panjaitan Kelurahan Lepolepo Kecamatan Baruga, Kendari.

Situs ini menyimpan sejarah tentang masa pemerintahan raja kesembilan abad XVIII, tahun 1876 sampai 1928 di Kerajaan Laiwoei Sulawesi Tenggara.Raja Tolaki terakhir itu lahir di Kendari, tanggal 18 Mei 1852. Raja Sao Sao dilantik di Unaaha pada 18 Mei 1876, dan baru diakui sebagai Raja Laiwoei dalam perjanjian Long Contrack pada 15 Mei 1880 yang ditandatangani oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jenderal Een Landsh Grooten dan Raja Sao sao Van Laiwoi pada 14 November 1880.(Ram)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Cak Amir : PW, PC, dan Banom NU se-Sumsel Siap Membela Rais Aam KH Miftachul Akhyar

Palembang, Detik Sumsel – PWNU Sumatera Selatan KH Amiruddin Nahrawi menegaskan bila seluruh PC, Banom …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *