Cakades di Lahat Dipungut Sumbangan Hingga Puluhan Juta | Detik Sumsel
BNI"
Ilustrasi

Cakades di Lahat Dipungut Sumbangan Hingga Puluhan Juta

Lahat, Detik Sumsel – Menanggapi banyaknya keluhan calon kepala desa (Cakades) terkait adanya permintaan dana lain (dana hibah) bagi yang ingin ikut pencalonan, Komisi I DPRD Lahat akhirnya angkat bicara. Bahkan terpantau, ada beberapa calon kades di Kabupaten Lahat dipinta uang hibah, mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 35 juta.

Pajeroni, Anggota Komisi I DPRD Lahat mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada Camat di Kabupaten Lahat, tidak ada pungutan pada calon kades baik itu sumbangan, hibah dan sebagainya. Karena hal itu tidak ada dasar hukumnya.

“Pilkades serentak di Desember nanti, tidak ada dana lain kecuali yang bersumber pada APBD dan APBDes. Hal ini sudah kita bahas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Camat beberapa waktu lalu, karena banyak laporan yang masuk ke Komisi I dan mulai meresahkan para Cakades,” tegas Pajeroni, Rabu (3/11).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Lahat ini menyatakan, kepada calon kepala desa yang akan berlaga di kontestansi ini, diharapkan juga tidak memberikan sumbangan, hibah dan sebagainya, karena itu merupakan kebijakan yang salah. Jika masih ada, pihak Kecamatan, DPMDes maupun Insfektorat Lahat tidak akan bertanggung jawab.

“Jangan pernah lakukan hal itu. Mari kita sukseskan Pilkades ini bersama-sama dan kami (Komisi I) tetap akan mengawasi. Terkait anggaran Pilkades, juga sudah disampaikan, memang ada tahapannya,” jelas anggota Dewan Dapil IV ini. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

SAPMA PP Sumsel Minta Junimart Girsang Belajar Lagi Nilai – nilai Pancasila

Palembang, Detik Sumsel — Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Sumatera Selatan ikut dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *