Cakades Siap Menang Harus Siap Kalah | Detik Sumsel
Detik
Bupati Lahat, Cik Ujang SH saat memantau TPS jelang pilkades serentak, foto Heru/DS.

Cakades Siap Menang Harus Siap Kalah

Lahat, Detik Sumsel – Bupati Lahat, Cik Ujang SH, Rabu (8/12/2021) lakukan monitoring persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 235 desa di Kabupaten Lahat, yang digelar Kamis (9/12). Selain mengecek langsung TPS yang akan menjadi lokasi pencoblosan. Cik Ujang juga menemui panitia untuk memberikan semangat.

Cik Ujang meminta, semua elemen desa yang mengikuti Pilkades dapat menjaga kedamaian, ketertiban saat pelaksanaan Pilkades. Panitia pilkades bekerjalah secara profesional, jujur, adil dan tidak memihak kepada salah satu calon.

“Kalau siap menang, juga harus siap kalah. Soal menang atau kalah itu biasa saat berkompetensi. Yang menang harus bisa merangkul yang kalah,” pesan Cik Ujang, usai mengecek TPS di Desa Gunung Agung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Dari pantauan persiapan sudah mencapai 90 persen, bahkan surat undangan pun sudah disebar kepada calon pemilih.

Didampingi Sekda Lahat, Chandra SH MM, Cik Ujang meminta, kepada semua warga agar menyalurkan hak pilihnya. Pilkades ini suatu bentuk demokrasi untuk memilih calon pemimpin desa, untuk itu pilihnya sesuai hati nurani saja.

“Pilihlah menurut warga yang terbaik. Jangan sampai ada perpecahan di masyarakat, karena bagaimanapun, warga di desa itu sama seperti keluarga semua,” harap Cik Ujang.

Terpisah, terkait Pilkades Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, yang sehari sebelumnya sempat ada aksi masa dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan Panitia Pilkades, yang ingin menundaan pelaksanaan Pilkades karena salah satu calon diduga tidak mampu menunjukkan keterangan bersih hasil audit insfektorat Lahat. Ternyata pemilihan akan tetap digelar.

“Jangan ada ‘boikot’ atau hal hal yang bisa merusak ketertiban pelaksanaan pilkades. Jika pilkades ditunda maka warga desa itu sendiri yang akan terkena dampaknya,” ucap Cik Ujang.

Sementara, Kepala Dinas BPMPemdes, Darul Effendi menuturkan, Pilkades Ulak Pandan tetap digelar, dengan pengawasan ketat dari Panitia, BPD, Polri dan TNI. kini tengah sibuk untuk menyalurkan undangan pemilihan dan persiapan jelang penjoblosan.

“Ia kemarin semat adanya demo dari warga untuk menunda pilkades. Tapi insya allah besok tetap jalan,”sampainya. (Heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Pengurus ICMI OKI Dilantik, Ini Harapan Wabup Shodiq dan Ketua ICMI Sumsel

Kayuagung, Detik Sumsel – Muhammad Refly, S.Sos., MM., dan pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *