Cegah Penyakit PMK Masuk Pagaralam, Dinas Pertanian Lakukan Langkah Cepat

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pagaralam, Detik Sumsel- Guna mencegah masuknya penyakit mulut dan kuku pada ternak warga, khususnya di Kota Pagaralam, Dinas Pertanian Kota Pagaralam, mengeluarkan surat edaran Nomor 52/26d/Distan/ 2022 tentang Kewaspadaan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak di wilayah kota Pagaralam.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam Gunsono Medson, mengatakan Surat Edaran (SE) telah dikeluarkan pada Tanggal 10 Mei 2022 lalu, yang disebarkan langsung ke rumah potong hewan (RPH), para jagal, hingga pasar-pasar tradisional.

“Upaya ini kita lakukan, dalam upayah mencegah peredaran yang dapat menyerang ternak warga.”katanya, Kamis (12/5)

Menurut dia, surat edaran ini untuk memastikan ternak yang masuk ke kota Pagaralam tidak terjangkit penyakit dan harus disertai surat keterangan sehat dari daerah asal.

“Kepada para stek holder, kami minta untuk membantu pengawasan, kalau ada hewan ternak yang keluar masuk mereka harus memastikan surat sehat itu,”ujarnya.

Selain itu, lanjut Gunsono, Dinas Pertanian juga telah mengetatkan pengawasan dan monitoring di lapangan untuk mencegah masuknya virus PMK.

“Langkah-langkah yang kami lakukan adalah melakukan pengawasan di RPH dengan para jagal. Ini untuk memastikan bahwa hewan ternak yang masuk ke RPH itu memiliki surat keterangan sehat dari daerah asal,”jelasnya.

Selain di RPH, kata Gunsono, pengawasan juga dilakukan Dinas Pertanian pada daerah keberangkatan, termasuk pula melakukan monitoring kepada setiap hewan ternak yang ada di kota Pagaralam.

Setidaknya, menurut dia, langkah yang kita lakukan adalah mendata semua yang berkaitan dengan virus peternak sapi daging dan kambing di kota Pagaralam.

“Yang lebih penting adalah arus masuk hewan ternak yang dari luar Kota Pagaralam, khususnya yang dari daerah terjangkit, itu sebisa mungkin kita hindari,”pungkasnya.(rendi)

Komentar