Cegah Stunting, Kader Posyandu Indonesia Adakan Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia Setiap Bulan

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, DetikSumsel.com – Kader Posyandu Indonesia mengadakan kegiatan posyandu untuk balita dan lansia setiap satu bulan sekali di salah satu rumah anggota kader yang berlokasi di jalan Rawa Jaya 2 Kota Palembang, Senin (26/9/2022).

“Hari ini kita mengadakan kegiatan posyandu balita dan lansia, kegiatan ini berlangsung 1 bulan sekali. Kalau untuk posyandu balita dan lansia wilayahnya di RT 06 tetapi wilayahnya mencakup RT 05,06,07 sedangkan posyandu lansia mencakup RT 02,03,04,05,06,07,08 dan RT 09 dan RT 10 itu mencakup lansia yang berada di atas 50 tahun bisa untuk ke posyandu pada kegiatan hari ini,” jelas Emi Sutarmi Koordinator Kader Posyandu Indonesia Wilayah Puskesmas Sekip.

Lanjutnya, ia menjelaskan untuk kegiatan posyandu balita dilakukan pendaftaran tanpa syarat.

Kemudian untuk pengecekan pada balita dilakukan penimbangan berat badan dan tinggi badan pada balita, lalu disesuaikan dengan umur pada balita yang nantinya akan dilihat melalui grafik Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk menyesuaikan standar.

Selain itu disediakan pelayan imunisasi bagi balita yang memiliki timbangan berat badan yang kurang dan dan tinggi badan yang tidak ideal.

Sementara itu untuk lansia standar pemeriksaannya dilakukan dengan mengukur tinggi badan, berat badan dan lingkar perut.

Untuk mengecek kadar inject masa tubuh lansia guna mengetahui lansia terkena obesitas atau kekurangan berat badan yang nantinya akan dirujuk ke pelayanan puskesmas yang disediakan di lokasi posyandu.

Adapun pelayan puskesmas untuk lansia meliputi, pengecekan gula darah, pengecekan kolesterol, pengecekan asam urat dan tensi darah.

Selain itu Kader Posyandu Indonesia dalam kegiatan ini mengadakan program Kartu Amal Kehidupan serta memberikan makanan dan doorprize kepada masyarakat yang ikut pada hari ini.

“Untuk lansia hari ini mencapai pendaftaran ke angka 50 sedangkan balita ada 40 pendaftar. Karena kita hari ini melakukan kartu amal kehidupan mencari donatur untuk di wilayah sekitar, untuk wilayah posyandu karena posyandu tidak ada danannya. Jadi kami para kader hari ini mencari donatur dari masyarakat setempat untuk mensupport kegiatan posyandu di wilayah hari ini,” terangnya.

Dikatakan Emi kegiatan posyandu lansia balita berlangsung mulai dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Dengan kegiatan posyandu balita dan lansia yang sedang berlangsung, ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat berdampak pada pencegahan stunting pada balita dan menjaring balita-balita yang tidak pernah datang ke posyandu dengan memberikan makan dan membagikan doorprize dalam kegiatan hari ini.

Komentar