Cik Ujang Dukung Tingkatkan Hasil Pertanian | Detik Sumsel
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH berikan bantuan kepada kelompok tani, Foto Istimewa.

Cik Ujang Dukung Tingkatkan Hasil Pertanian

Lahat, Detik Sumsel – Sebanyak tujuh unit power teasure atau mesin perontok padi dengan bentor roda tiga dan resplenter atau mesin tanam padi, kembali disalurkan Bupati Lahat, Cik Ujang SH kepada sembilan kelompok tani di Kabupaten Lahat.

Sembilan kelompok tani yang beruntung mendapatkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) tersebut berasal dari Kecamatan Merapi Selatan, Mulak Sebingkai, Muara Payang, Kikim Selatan, Jarai, Merapi Barat, Kota Agung, Mulak Ulu dan Tanjung tebat.

Bupati Lahat mengatakan, mekanisme pertanian merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan peningkatan jumlah dan kualitas hasil pertanian. Kemajuan teknologi merupakan salah satu strategi peningkatan produksi tersebut.

“Alsintan penting untuk pencapaian swasembada pangan. Karena dengan Alsintan bisa memberikan mutu hasil yang lebih baik dan usaha yang dilakukan petani lebih efisien dan efektif,” kata Bupati Lahat, disela memberikan bantuan Alsintan tersebut di Kantor Dinas Pertanian Lahat, Selasa (7/9).

Bupati Lahat menambahkan, melalui dukungan Alsintan diharapkan dapat mengatasi permasalahan substantif, yaitu semakin berkurang dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian. Tingginya modal petani untuk memiliki Alsintan karena harganya yang tinggi, bantuan ini diharapkan bisa dijaga baik oleh petani.

“Kepada kelompok tani yang menerima bantuan ini, gunakan dengan baik sesuai peruntukan. Ini demi kesejahteraan petani sendiri,” pesan Bupati Lahat, didampingi Pj Sekda Lahat, H Deswan Irsyad MPdi.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Lahat, Eti Listina SP MM, didampingi Kabid Sarana Prasarana, Alfatah menjelaskan, bantuan ini kolaborasi antara Bidang Sarpras dengan Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura. Dengan tujuan hasil pertanian yang didapat lebih meningkat. Karena dimasa pandmei ini bidang pertanian tidak terlalu terdampak akibatnya.

“Kelompok tani berterima kasih kepada Bupati Lahat yang telah berusaha membuat pertanian di Lahat lebih maju. Terkait bantuan ini jumlahnya terbatas, memang tidak semua kelompok tani dapat. Tapi bukan juga Bupati Lahat pilih kasih, mungkin karena pengajuannya telat,” jelas Alfatah. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Hidupkan Sunnah Memanah, Pesantren Tahfizh Kiai Marogan Gelar Archery Tournament

Palembang, Detik Sumsel — Pesantren Tahfidz Kiai Marogan menggelar Marogan Archery Tournament Sumatera Open Ground …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *