Cik Ujang: Jadi Kades Jangan Arogan | Detik Sumsel
Detik
Bupati Lahat, Cik Ujang SH, disela usai pelantikan. Foto Heru/DS

Cik Ujang: Jadi Kades Jangan Arogan

Lahat, Detik Sumsel — 79 Kepala Desa, dari 22 kecamatan di Kabupaten Lahat, yang dinyatakan menang dalam pertarung Pilkades serentak beberpa waktu lalu, resmi dilantik. Pelantikan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lahat, di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat ini. Dilakukan langsung Bupati Lahat, Cik Ujang SH, bersama Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA, serta unsur Forkopimda Lahat.

Cik Ujang mengatakan, setelah ini hilangkan semua perbedaan, baik antar sesama pesaing, maupun dengan seluruh masyarakat desa. Kemajuan desa tergantung kemampuan Kades mengelola desanya. Rangkul semua warga, gunakan musyawarah mupakat dalam menyelesikan masalah di desa.

“Kalau pemimpin itu, lawan poltiknya jangan dimusuhi, tapi dirangkul demi kemajuan desa. Tugas berat lain Kades ialah, menyelenggarakan otonom daerah desa. Kades harus mengetahui potensi desa, sehingga arah kemajuan desa menjadi jelas,” kata Cik Ujang, Selasa (3/12).

Lanjut Cik Ujang, banyaknya bermunculan masalah di desa, rata-rata akibat tingkah laku kades yang arogan. Camat harus semakin intensif, melakukan pembinaan terhadap kades perangkat dan BPD. Kades jangan sampai merasa bak seorang raja, jangan sampai arahan Bupati melalui Camat mala diabaikan.

“Jadi Kades, jangan arogan. Jangan sampai istrinya datang ke Bupati, Wabup, minta tolong teguri suaminya. Gara-gara sudah jadi Kades, tidak pernah pulang ke rumah,” ucapnya.

Sementara, Depi Aprianto, Kades Gelumbang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat menuturkan, selaku Kades terpilih akan segera mungkin menciptakan desa jadi kondusif. Merangkul seluruh warga desa agar tidak ada lagi kubu pro dan kontra, sehingga kedepan tidak ada gejolak di desa.

“Saya berjanji tidak akan bersikap arogan. Bahkan saya akan berupaya membuat masyarakat desa sejahtera, dan bermartabat. Dengan cara melakukan pembagunan fisik, dan non fisik,” tutur Depi. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Golkar Lahat Mulai Curi Hati Masyarakat

Lahat, Detik Sumsel – DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Lahat, terus lakukan pergerakan menyongsong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *