Cik Ujang Kejar Keadilan dan Kesetaraan Gender | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Bupati Lahat, Cik Ujang SH, Foto Istimewa.

Cik Ujang Kejar Keadilan dan Kesetaraan Gender

Lahat, Detik Sumsel – Pemkab Lahat saat ini terus mengenjot perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG). Tujuannya guna mencapai keadilan dan setaraan gender, juga sebagai upaya menegakkan hak antara perempuan dengan laki-laki atas kesempatan dan pengakuan yang sama.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengatakan, ini merupakan strategi untuk mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan, dalam mendapatkan manfaat pembangunan serta meningkatkan partisipasi sebagai pengontrol proses pembangunan.

“Jadi kebutuhan dan aspirasi laki-laki dan perempuan dari berbagai kelompok sosial dapat diakomodir. Kesenjangan gender maupun diskriminasi terhadap perempuan dalam pembangunan terjamin dihapuskan,” kata Bupati Lahat, saat membuka pelatihan PPRG di Kabupaten Lahat tahun 2021, Kamis (8/4).

Bupati Lahat menambahkan, untuk itu sejalan dengan Permendagri No 67 Tahun 2011, Pemkab Lahat berkewajiban menyusun kebijakan program dan kegiatan pembangunan responsif, yang dituangkan dalam rencana pembangunan. Apalagi PPRG ini menjadi istimewa, karena detail kondisi dan situasi kebutuhan yang berbeda antara perempuan dan laki-laki.

“Penerapan isue gender ini diharapkan bisa meningkatkan indikator kesetaraan gender dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), indeks pembangunan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender (DG),” sampai Bupati Lahat. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *