Cuti Bersama, Bank Operasional Terbatas | Detik Sumsel
Pemprov
Suasana operasional di Bank SumselBabel. (Ist)

Cuti Bersama, Bank Operasional Terbatas

Palembang, Detik Sumsel – Selama libur tahun baru Bank SumselBabel tidak melayani umum, Sistem kliring nasional (SKN) dan Real Time Gross Settlement (RTGS) selama cuti bersama libur tahun baru. Seluruh layanan akan kembali seperti biasa pada tanggal 4 Januari 2021 mendatang.

Sekretaris Perusahaan Bank SumselBabel , Normandy Aqil mengatakan, sesuai dengan instruksi dari Bank Indonesia (BI) seluruh bank tutup operasional kecuali untuk layanan terbatas.

“Ya setiap bank pasti memiliki layanam terbatas selama libur, untuk BSB sendiri tetap akan memberikan layanan pajak daerah,” jelas Aqil ketika dibincangi via telepon, Rabu (30/12).

Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi tetap bisa dilakukan melalui ATM, Mobile bengking, dan intermet bengking.

Ditambahkanya, nasabah tidak perlu khawatir bila membutuhkan uang tunai bisa mengunakan ATM BSB yang ada lebih kurang 400 ATM di wilayah Sumbagsel.

Guna menjamin ketersedian stok uang tunai di ATM baik pecahan Rp100 ribu dan pecahan Rp 50 ribu setiap cabang BSB akan menempatkan petugas piket secara bergantianuntuk memastikan uang selalu tersedia di ATM.

“Kita melakukan pengawasan setiap berapa jam sekali untuk memastikan dana ada, terutama dipusat keramaian seperti dikantor cabang utama dan pusat perbelanjaan seperti di Mall, yang diperkirakan akan ada lonjakan penarikan uang tunai selama 4 hari libur bersama,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selama libur panjang ini pihaknya melakukan penambahan dana ditiap ATM terutama ATM dipusat keramaian. Penambahan yang dilakukan sekitar 100 persen dari hari biasanya.

Biasanya untuk pecahan Rp 100 ribu untuk satu ATM berisi Rp400 juta makan dilibur panjang ini menjadi Rp 800 juta, begitu juga dengan pecahan Rp 50 ribu jua dilakukan penambahan dana.

Dia mengimbau, bila nasabah yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar sebaiknya dilakukan pada tanggal 4 Januari 2021 mendatang,

Begitu pula nasabah yang akan melakukan penarikan uang melalui ATM, sebaiknya melakukan penarik di ATM yang ada petugas yang berjaga atau ditempat ramai seperti di Mall untuk mencegah tindak kriminal selama berada di ATM.

Sementara itu, Bank Mandiri juga memberlakukan operasional terbatas pada semua kantor cabang mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Sementara itu, layanan akan kembali normal seperti biasa pasca tahun baru mulai Senin (4/01).

“Bank Mandiri memang menerapkan operasional terbatas dan melayani jenis layanan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia saja,” ujar Iwan Setiawan, Goverment Business Head Bank Mandiri Regional II Sumatera.

Himbauan yang sama juga dikatakan Iwan agar nasabah memanfaatkan layananan mobile banking meski layanan kantor tutup tetap bisa melakukan beragam pembayaran dan transaksi lainnya, ATM juga dipastikan tersedia uang tunai untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai saat liburan. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Dukung UMKM Maker dan Reseller Lokal, Buka Akses Terhadap Pasar Nasional

Palembang, Detik Sumsel – Dari hasil riset terbaru, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di kalangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *