Danau Dedughuk Tempat Alternatif Ngabuburit di Muara Enim | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Destinasi pesona Alam Danau Dedughuk, di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim.

Danau Dedughuk Tempat Alternatif Ngabuburit di Muara Enim

Muara Enim, Detik Sumsel- Tahukah anda di Kabupaten Muara Enim yang dijuluki Bumi Serasan Sekundang terdapat danau cantik di ketinggian 1400 mdpl yang belum banyak dilirik pengunjung. Sekali pengunjung datang kesana, maka berhasrat untuk mengunjunginya lagi dan lagi. Namun, sayangnya, belum ada niat pemerintah daerah untuk mengelolanya agar menjadi salah satu pariwisata yang layak dikembangkan.
Menurut Okta Riyan  Minggu (12/5) salah satu warga Muara Enim, Danau Deduhuk namanya berasal dari kata “Nyeyuhok”. Menurut cerita, ada seseorang bernama Din Garong yang sedang mencari tanaman obat di tanah semak dengan berjalan diam-diam (nyeyuhok) dan tanpa sengaja ia menemukan genangan air yang kira-kira 10×20 meter. Selama bertahun-tahun, ukurannya saat ini menjadi 12 hektar.
Danau cantik ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi roda dua atau roda empat. Dibutuhkan 4 jam dari Kabupaten Muara Enim, dan 2,5 jam dari Kabupaten Lahat.
Jika anda suka memancing ini pilihan tepat sambil menikmati keindahan danau. Bagi yang ingin menikmati view berbukitan yang mengelilingi danau dari tengah danau maka dapat menyewa rakit atau perahu sambil mengambil foto selfie di setiap sudut danau yang sangat instagramable.
“Danau Dedughuk pertama kali dibuka dan di  publik ini zamannya Bupati almrhm Pak Kalmudin djinab,” kata Okta.
Di bulan puasa ini, muda mudi dan juga masyarakat memanfaatkan daerah danau ini untuk bersantai dan ngabuburit. Dengan berharap fasilitas di danau ini bisa ditingkatkan kedepannya nanti.(ndi)
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Emak – emak di Lahat Ngadu Lagi ke Dewan

Lahat, Detik Sumsel – 30 masa dari Ikatan Emak-emak Peduli Lingkungan Merapi Barat (IIPLMB) berunjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *