Dandim Lahat, Ajak Rawat Kebhinekaan Tunggal Ika | Detik Sumsel
BNI"
Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Shawaf Al Amien SE Msi memberikan arahan. Foto Heru/DS.

Dandim Lahat, Ajak Rawat Kebhinekaan Tunggal Ika

Lahat, Detik Sumsel – Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Shawaf Al Amien SE Msi mengatakan, melalui pembinaan cegah tangkap radikalisme, akan merawat kebhinnekaan tunggal ika, guna mencegah paham separatisme dalam bingkai NKRI.

“Paham yang berkembang tidak bisa dielakkan lagi, sebagai akibat kemajuan teknologi. Upaya dari terorisme merupakan kejahatan luar biasa yang membutuhkan penanganan cara luar biasa pula,” terangnya, Selasa (17/11).

Shawaf menambahkan, radikalisme dan terorisme merupakan perbuatan bahaya besar terhadap hak asasi manusia, untuk hidup dan bebas dari rasa takut. Mencegah kuatnya akar kejahatan ini, perlu penanganan signifikan dan peran dari seluruh masyarakat. Masyarakat merupakan ujung tombak terdepan, yang mengetahuinya segera lapor, agar tidak tumbuh subur ditengah masyarakat.

“Target mereka bersifat random, cenderung mengobarkan orang tidak bersalah. Jaringan terorisme baik nasional dan internasional, bisa saja menggunakan senjata kimia dan biologi, yang dapat membahayakan keutuhan nasional, tambahnya.

Untuk membendungnya, Shawaf menuturkan, pemerintah mesti jadi lokomotif dalam pencegahan dengan memperhatikan rakyat, sehingga tidak ada celah masuk dengan mempertebal keyakinan, beragama, beriman. Sehingga doktrin radikalisme dan terorisme itu, bisa dihindari masyarakat.

“Agama sangat sensitif dan paling mudah dirasuki, sehingga menjadi kelompok radikal. Dampak luasnya mulai dari ekonomi, politik dan sosial, termasuk hubungan dengan negara luar negeri,” tuturnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

PDAM Tirta Agung Pastikan IPA Jejawi Beroperasi Awal 2022

Kayuagung, Detik Sumsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) bersama dengan Kementerian PUPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *