Danrem 044/Gapo Tanam Jagung di OKU

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Baturaja, Detik Sumsel – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nudika SIP M.Si M.Tr (Han) menghadiri penanaman jagung rakyat dengan pola kemitraan di Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap (SBR) OKU, Selasa (12/7).

Kegiatan ini digelar atas kerjasama Kodim 0403/OKU bersama PT Mitra Tanam Sejahtera dan petani dalam rangka ketahanan pangan khususnya di OKU yang digalakkan oleh Presiden Joko Widodo.

Kegiatan penanaman ini ditandai dengan penandatangan MOU antara pihak PT Mitra Tanam Sejahtera bersama masyarakat dan dilanjutkan dengan penanaman pertama oleh Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nudika didampingi Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal dan unsur forkopimda OKU.

“Kalau soal menanam jagung di TNI bukanlah yang baru sebelumnya juga telah dilaksanakan progran SIJALE (Singgkong, Jangung dan kedele), namun ini kita bangkitkan lagi ketahanan pangan,” kata Brigjen TNI Naudi.

Disebutkan orang nomor satu di Korem 044/Gapo ini, di Sumsel ada sekitar 98 Ha lahan yang siap dilakukan penanaman jagung, termasuk di Kabupaten OKU. “Untuk yang hari ini kita tanamani jagung ada sekitar 5 Ha bekerjasama dengan pihak PT Mitra tanam sejahtera bersama masyarakat petani,” sebutnya.

Baca Juga :   Siap-siap Rekayasa Lalu Lintas di Palembang. Ini Jalurnya!

Nantinya lanjut Danrem, penanaman jagung ini akan dibina oleh Kodim 0403 OKU dan dilakukan oleh masyarakat serta PT Mitra tanam sejahtera dengan siatem pola tanam yang diyakini bisa meningkatkan hasil panen hingga 70 %.

“Kalau panen jagung saja itu sudah biasa tapi kalau bisa meningkatkan hasil panen itu luar biasa, saya harap kegiatan ini tidak hanya sekedar cerenoni saja tapi berkelanjutan, saya menuntut nanti pak Dandim harus ikuti betul hingga panen bersama unsur lainnya agar program ini bisa sukses, bila perlu nanti pas panen kita undang pak gubernur bahkan pak Presiden,” tandasnya.

Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal R S.I.P menerangkan secara demografi wilayah OKU merupakan daerah pertanian Karet, sawit dan jagung. Masyarakat rata-rata adalah petani.

Pola tanam kemitraan ini lanjut dandim diharapkan dapat menjadi berkah dan mensejahterakan petani khususnya di wilayah Sosoh Buay Rayap.

“Dengan pola tanam yang dimbing oleh pihak PT Mitra Tanam Sejahtera bisa meningkatkan hasil panen, ini sudah terbukti beberapa waktu lalu kami bersama forkopimda telah melakukan panen perdana dengan hasil 1 ha bisa mencapai 8,7 ton,” ujarnya.

Baca Juga :   Malam Jumat Seram: Ini Rekomendasi 4 Film Horor Terbaru di Indonesia

Disi lain Direktur PT Mitra Tanam sejahtera Mohc Bihar sakti wibowo didampingi Konsultan Tanam Nur mengatakan pola tanam yang dilakukan yakni dengan metode penggemburan tanam kembali setelah penanaman, hal ini diyakini bisa meningkatkan hasil panen jagung.

“Kalau lahan disini kita siapkan hingga 100 ha, yang ini baru 5 ha. Kita juga punya lahan di Kabupaten lainnya yakni OKU selatan,” sebutnya.

Sementara itu Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd yang diwakili sekda OKU H Ahmad Tarmizi sangat menyambut baik program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodim 0403 OKU. “Sangat menyambut baik, kita juga sudah memerintahkan Dinas pertanian dan dinas Ketahanan Pangan untuk bisa membantu program ini,” tandasnya. (Fei)

Iklan Detik Sumsel

Komentar