Danrem 044 / Garuda Dempo: Satgas Karhutlah Masih Siaga Dilapangan | Detik Sumsel
BNI"

Danrem 044 / Garuda Dempo: Satgas Karhutlah Masih Siaga Dilapangan

Palembang, Detik Sumsel — Komandan Korem 044 / Garuda Dempo Kolonel Inf Imam Budiman mengatakan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel terjadi karena budaya masyarakat yang masih membuka lahan dengan cara dibakar.

Hal ini disampaikan nya dihadapan awak media usai Apel Gelar Ops Mantap Brata 2018 dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang Rabu (19/9).

“Pengendalian prilaku masyarakat yang membakar lahan dan menjaga wilayah yang rawan Karhutlah terus dilakukan oleh Satgas Karhutlah dilapangan,”katanya.

Menurutnya tantangan besar yang dihadapi Satgas adalah Oktober hingga Maret adalah masa tanam padi, Satgas berhadapan dengan budaya masyarakat sekitar khususnya Ogan Ilir, OKI dan Banyuasin yang memanfaatkan awal musim hujan mereka membutuhkan lahan yang siap tanam lalu mereka tebar lahan yang siap tanam tadi dengan cara membakar.

“Saat ini Satgas darat dan udara bekerja keras semaksimal mungkin dilapangan untuk mengendalikan asap akibat dari pembakaran liar yang dilakukan oleh masyarakat sekitar,”bebernya.

Lanjutnya, tantangan yang kedua kemarau puncak ini stok air yang terbatas, jadi pemadaman yang cukup efektif dilakukan melalui udara.

“Alhamdulillah kami mendapatkan tambahan helikopter water bombing dari sinar mas sebanyak tiga unit. Jadi kami punya sebelas helikopter water bombing sehingga kendala yang dihadapi bisa diatasi,”tambahnya.

Meskipun pemadaman udara sudah dilakukan dengan maksimal, Satgas Karhutlah yang ada di darat juga bekerja siang dan malam agar penanganan Karhutlah bisa diatasi dan sembari berharap dalam beberapa hari kedepan hujan bisa turun.

“Dilapangan saat ini petugas masih bersiaga dari unsur Brimob, TNI, Satgas Gakkum Karhutlah dari Polda dan stakeholders dan instansi terkait masih berada dilapangan berjaga – jaga,”tandasnya.

Untuk hari ini ada dua titik api terpantau meskipun beberapa hari lalu cukup banyak titik api dan daerah yang cukup besar titik api nya terpantau diwilayah Tulung Selapan tapi sudah bisa dikendalikan. Untuk daerah yang terbesar membuka lahan diwilayah Cengal sampai kearah Mesuji.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Gencar Sosialisasi, Target Zero ODOL

Palembang, Detik Sumsel- Masih banyaknya masyarakat yang keliru mengenai penegakan hukum Barang Over Dimensi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *