Danrem Gapo Minta Perusahaan Perkebunan di Sumsel Contoh PT Sinar Mas dalam Penanganan Karhutla | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Danrem 044 Gapo Brigjen TNI Agus Jauhari saat rapat penanganan Karhutla di kantor BPBD Sumsel

Danrem Gapo Minta Perusahaan Perkebunan di Sumsel Contoh PT Sinar Mas dalam Penanganan Karhutla

Palembang, Detik Sumsel — Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Agus Jauhari Suraji S.I.P.,S.Sos selaku Komandan Operasi Karhutlah mengatakan penanganan karhutlah dalam pelaksanaan nya tiap tahun pasti ada. Untuk itu dirinya mengajak seluruh organisasi dan instansi terkait agar dalam melaksanakan tugas harus berjalan sesuai fungsinya masing -masing.

“Diharapkan di seluruh organiasi ada rasa tanggung jawab atas penekanan karhutlah, juga diharapkan sinergitas seluruh instansi selalu terjaga karena kita tidak bisa bekerja sendiri- sendiri,”ujarnya usai Rapat Koordinasi Aktivasi Sistem Komando Posko Karhutlah Prov. Sumsel Tahun 2021 dikantor BPBD Sumsel Rabu (16/6/2021).

Dikatakan Agus dalam penanganan karhutla tahun ini TNI Polri bersama instansi terkait di Sumsel sudah siap apalagi gubernur Sumsel sudah mencanangkan pos siaga darurat karhutla di Sumsel.

Baca Juga :   Bocah 3,5 Tahun Korban Penculikan Ditemukan dengan Kedua Tangan Terikat dan Mata Tertutup

“Kita sudah melakukan apel siaga karhutla pengecekan sarana dan prasarana. Termasuk melatih SDM kita dalam menghadapi bencana karhutla termasuk seluruh perusahaan perusahaan perkebunan di Sumsel mereka mendukung penuh dalam penanganan karhutla,”katanya.

Dikatakan Agus perusahaan perkebunan terlibat seperti anak perusahaan sinar mas yang telah mengeluarkan CSR untuk membuat modifikasi cuaca di Sumsel dalam penyemaian garam di awan ini sudah dilakukan dalam dua hari ini.

“Kami juga menghimbau kepada perusahaan perusahaan perkebunan lainnya di Sumsel melakukan hal yang sama seperti sinar mas dan mengajak perusahaan perkebunan untuk memasang sistem terutama yang lahan rawan terbakar dengan demikian karhutla bisa dipantau terutama dari tangan tangan jahil yang sengaja membakar lahan nya,”bebernya.

Sementara itu ditempat yang sama BMKG Provinsi Sumatera Selatan memaparkan kondisi dan situasi keadaan terkini Karhutlah di wilayah Sumsel. Menurut perkiraan BMKG Prov. Sumsel prospek kondisi cuaca dan iklim telah disampaikan pada tahun 2021 dilihat dari kondisi atmosfer saat ini telihat sampai bulan juli angin musim melemah diperkirakan hujan berkurang.

Baca Juga :   PSS Gelar Mini Tourney AA IPSC 2020

“Saat ini di samudara pasifik terlihat dingin akan menyebabkan la nina atau kondisi Netral, sampai desember diperkirakan masih biru atau uap air masih masuk ke Indonesia, di Wilayah Indonesia diperkirakan masih hangat sampai bulan oktober dan diperkirakan masih terjadi hujan. perkiraan hujan dan dasaran juni masih terjadi peluang hujan sampai bulan juli karena kurang dari 50 Milimiter, dari sisi klimatologis wilayah yang sudah masuk musim kemarau sebagaian OKI Palembag dan Muara Enim,”jelasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Puskemas Celika Targetkan Vaksin 100 Orang per Hari

Kayuagung, Detik Sumsel- Untuk mengejar percepatan vaksinasi Covid-19, Puskesmas Celika menargetkan hingga 70 sampai 100 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *