Datangkan Pekerja dari Cirebon, PT E Abaikan Protokol Kesehatan | Detik Sumsel
Detik
Datangkan Pekerja dari Cirebon, PT E Abaikan Protokol Kesehatan

Datangkan Pekerja dari Cirebon, PT E Abaikan Protokol Kesehatan

Indralaya, Detik Sumsel – PT E, sebuah perusahaan yang bergerak sebagai kontraktor pemasangan pipa jaringan gas (jargas) di wilayah Ogan Ilir terkesan mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 dan keamanan pekerja. Hal ini terlihat saat beberapa pekerja perusahaan tersebut sedang menggali pipa jaringan gas rumah tangga di sepanjang jalan KM 32 Kelurahan Timbangan Kabupaten Ogan Ilir.

Puluhan pekerja tersebut terlihat tak memakai masker dan sepatu saat bekerja mencangkul galian untuk pemasangan pipa. Mereka terlihat menggunakan sandal jepit dan bertelanjang kaki saat mencangkul. Padahal penggunaan masker sangat penting di saat Indonesia sedang dilanda virus Corona. Selain itu penggunaan sepatu khusus juga dinilai sangat perlu saat bekerja mencangkul galian karena dikhawatirkan pekerja terluka kakinya saat menggunakan cangkul ke tanah.

Menurut salah satu pekerja, Re, PT E tidak pernah memberikannya masker dan sepatu khusus kepada para pekerja.

“Tidak ada masker dan sepatu dari pihak perusahaan, jadi kami tidak pakai. Lagipula ribet pakai masker susah bernafas, selain itu menggunakan sepatu saat bekerja juga berat bukannya malah mempermudah saat mencangkul,” katanya, Senin (3/8).

Ia menambahkan, dirinya berasal dari Kota Cirebon berjumlah 80 orang pekerja lainnya yang datang ke OI untuk bekerja sebagai tukang gali.

“Kami dari Cirebon berjumlah 80 orang yang bekerja di OI, untuk tinggal kami di belakang Kantor Pemkab OI. Ya kami bukannya pekerja ekspor sih, kami ini bekerja sesuai borongan bos saja. Kalau lembur ya lembur. Kadang bekerja mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 00.00 dini hari,” urainya.

Sementara itu Petugas Safety, Andika yang tengah memantau pekerja galian dan menggunakan rompi bertuliskan petugas safety, mengatakan para pekerja mendapatkan masker, namun maskernya baru akan didatangkan sore ini.

“Masker sama sepatunya ada di sana, ini baru mau diantar kesini,” ucapnya singkat. (AL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

RA Anita Raih Anugrah Perempuan Indonesia 2022

Yogyakarta, Detik Sumsel – Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH meraih anugerah Perempuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *