Desa Tebet Lereh Pagaralam Wakili Sumsel di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pagaralam, Detik Sumsel- Setelah sebelumnya Desa Pelang Kenidai mampu menjadi salah satu Desa Budaya terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021. Kota Pagaralam Kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional.

Dengan mampu masuk 50 besar Kota wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia. Yaitu Desa Wisata Tebat Lereh Meringang Kecamatan Dempo Selatan kembali mampu mengharumkan nama Kota Pagaralam dikanca Nasional.

Bahkan Desa Wisata Tebat Lereh menjadi satu-satunya desa Wisata di Sumsel yang masuk dalam 50 besar Desa Wisata di Indonesia tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Brilian melalui Kabid Destinasi Wisata Anjas membenarkan jika desa wisata Tebat Lereh Pagaralam masuk 50 besar Desa wisata se Indonesia.

“Alhamdulillah, dari jumlah peserta sebanyak 3.419 desa wisata seluruh Indonesia. Desa Wisata Tebat Lereh masuk ke dalam 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022,”katanya, Kamis (28/4)

Dijelaskan Anjas memang dalam tujuh poin penilian dewan juri diajang tersebut Desa Wisata Tebat Lereh semuanya ada. Namun yang sangat menjadi perhatian dewan juri yaitu wisata alam yang ada di Desa tersebut.

“Wisata alamnya yang sangat menjual untuk sektor pariwisata. Pasalnya di desa Tebat Lereh ini lengkap wisata alamnya mulai dari air terjun, agro wisata sampai wisata sejarah juga ada,” jelasnya.

Dikatakannya untuk penilian siapa yang akan menjadi Desa Wisata terbaik, nantinya direncanakan setiap desa yang masuk 50 besar akan dudatangi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Tim Penilai ke Desa Wisata Tebat Lereh.

“Kita berharap Bapak menteri bisa langsung hadir ke Pagaralam agar dia bisa menikmati langsung semua objek wisata yang ada di Pagaralam dan Pagaralam bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan pihak kementrian nantinya,” harapnya.(rendi)

Komentar