Dibebankan Biaya Siluman, Calon Konsumen Honda Union Motor Batalkan Pembelian Unit | Detik Sumsel
BNI"
Yudistira calon konsumen Honda Union Motor saat mendatangi kantor dealer Honda Union Motor

Dibebankan Biaya Siluman, Calon Konsumen Honda Union Motor Batalkan Pembelian Unit

Palembang, Detik Sumsel — Yudis calon konsumen Honda Union Motor berencana membeli satu unit mobil Honda Brio Satya E-CVT dengan cara kredit melalui sales Derry seharga Rp. 188.500.000, dengan diskon 10 juta sehingga menjadi Rp. 178.500.000.dengan hitungan total DP 60 Juta, namun ketika diperhatikan rincian hitungan, terdapat komponen biaya yang tidak sesuai ketentuan.

Kepada Detiksumsel.com Yudis menceritakan proses kredit mobil Honda tersebut akan melalui Maybank Finance, namun terdapat kejanggalan/ketidakwajaran yaitu pembebanan rincian biaya proses kreditnya. Yaitu biaya adm dibebankan Rp.6.250.000.- ketika dikonfirmasikan ke Maybank biaya administrasi adalah sebesar Rp. 3.250.000.- .

Kemudian dibebankan pula biaya pcl 1,6% sebesar Rp. 2.297.000.- akibatnya total bayar semestinya menjadi down payment 25% menjadi 21%. Dikarenakan terdapat pembebanan biaya tidak wajar Rp.5.297.000.- yang tidak sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada maybank finance.

Setelah dikonfirmasi terhadap biaya yang tidak bisa dipertanggung jawabkan tersebut, Derry sales yang menjual unit tersebut mengatakan bahwa rincian hitungan tersebut adalah merupakan dari pihak Maybank Finance, namun setelah dikonfirmasi oleh Yudis selaku korban kepada pihak Maybank Finance biaya Administrasi hanya Rp.3250.000.- dan biaya pcl tidak ada.

Ketika dikonfirmasi korban melalui telpon spv Honda tidak mengelak terdapat pembebanan biaya siluman tersebut beliau mengatakan biaya tersebut adalah untuk mengatasi kegagalan proses kredit jika pemohon kredit terdapat kendala BI cheking.

Korban yang merasa tidak terdapat transparansi terhadap rincian biaya proses kredit tersebut dan merasa terdapat biaya yang tidak ada ketentuannya dan tidak dibebankan oleh pihak Maybank Finance. akhirnya mendatangi Kantor Union Motor dan menghendaki pembatalan pesanan kendaraan unit Brio untuk segera mengembalikan uang panjar sebesar 2 juta yang telah disetor ke rekening Union Motor.

Yudis menghimbau kepada calon customer yang berencana memiliki unit mobil baru merek Honda harap berhati-hati terhadap sales harus benar benar teliti dan kritis memperhatikan rincian biaya proses kredit yang ditawarkan dan jangan segan mendatangi kantor pembiayaan atau bank dimana pembiayaan kendaraan dilakukan agar terhindar dari penipuan.

Dikatakan Yudis beruntung dirinya sebelum disurvey oleh pihak pembiayaan dan sebelum terjadi pelunasan down payment sempat mengetahui kejanggalan pembebanan biaya siluman senilai 5 juta 297 ribu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan melalui sales Honda Union Motor Palembang. Dampak nya, total bayar 60 juta dengan down payment yang semestinya 25% menjadi 21%.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

106 Tersangka Narkoba Ditangkap dalam Operasi Antik Musi 2021 di Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dan jajaran berhasil menangkap 106 lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *