Diduga Tidak Netral, PPK 16 Kecamatan Dipanggil DPRD | Detik Sumsel
Pemprov

Diduga Tidak Netral, PPK 16 Kecamatan Dipanggil DPRD

Indralaya, Detik Sumsel– Diduga tidak netral, seluruh Metua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di 16 kecamatan Kabupaten Ogan Ilir dipanggil anggota DPRD OI Komisi I di ruang rapat Komisi I Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai, Senin (1/4).

Menurut Kusharyadi Alun dari fraksi PBB sekaligus Ketua Komisi I, tujuan pemanggilan tersebut adanya indikasi ketidak netralan oleh Ketua PPK di 16 Kecamatan.

“Ya, ada indikasi ketidak netralan dari anggota PPK. Mereka ini sudah dikumpulkan oknum caleg dari partai politik. Oleh karena itu kita lakukan pemanggilan ketua PPK untuk menanyakan kebenaran tersebut,” katanya.

Selain menanyakan isu tersebut, ia juga berkoordinasi untuk menghadapi pemilu yang nantinya akan diselenggarakan 17 April mendatang.

“Kita juga disini untuk berkoordinasi dengan KPUD dan Bawaslu agar Pemilu 2019 ini bisa berjalan dengan lancar dan juga meminta klarifikasi dari Ketua KPUD terkait salah satu ketua PPK di kecamatan dikumpulkan oleh caleg dari partai politik dengan memohon dukungan untuk memenangkannya,” terangnya.

Dikatakan Kusharyadi Alun, jika benar dan ada bukti, hal itu akan direkomendasikan ke pihak berwenang oknum caleg dari partai politik.

“Kita berharap agar semua caleg bisa tegak lurus dalam bersaing dan jangan mengintervensi siapa pun khususnya Ketua PPK,” imbaunya.

Ketua Komisioner Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OI, Massuryati mengatakan, terkait isu adanya rekan PPK yang diduga tidak netral dalam menyikapi politik yang saat ini sudah memanas.

“Kita selalu mengimbau dan menegaskan kepada seluruh PPK baik itu ketua mau pun anggotanya untuk tetap dan taat asas dalam penyelenggara, karena ketika mereka taat dengan aturan yang ada mereka tidak akan melanggar aturan yang ada,” katanya. Menurutnya dengan taat aturan bisa menjaga kenetralitasan di PPK di setiap kecamatan.

Sementara Ketua Bawaslu OI, Darmawan Iskandar mengatakan, kedatangannya hanya memenuhi undangan dalam rangka rapat koordinasi pemilu tahun 2019 dan melakukan pengawasan terkait isu yang berkembang.

“Jika ada laporan terkait adanya ketidak netralan baik itu di ASN dan PPK silakan laporkan di Bawaslu dan jika terbukti pastinya akan kita tindak tegas,” katanya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Ditangkap, Pelaku Begal Ayah dan Anak di Pagaralam Rupanya Pemuda Belasan Tahun

Pagaralam, Detik Sumsel- Tak butuh waktu lama, Team Sus Polres Pagaralam dibawah pimpinan Kasat Reskrim, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *