Diguyur Hujan, Birahi Hewan Ternak di Lahat Meninggi | Detik Sumsel
Detik
Pegawai Dinas TPHP Kabupaten Lahat memberikan vitamin ke hewan ternak sapi, beberapa hari lalu.

Diguyur Hujan, Birahi Hewan Ternak di Lahat Meninggi

Lahat, Detik Sumsel – Musim penghujan memberikan dampak positif dan negatif terhadap hewan ternak. Positifnya, hewan ternak di musim sekarang ini membuat sirkulasi kawin hewan ternak meningkat, alasannya karena biraninya lebih tinggi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Peternakan (TPHP) melalui Kabid Peternakan, disampaikan Analis Kebijakan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Doni Robiansyah Spt mengatakan, musim hujan sekarang ini berpengaruh terhadap produkai hewan ternak, karena tingkat birani lebih tinggi dibanding musim kemarau.

“Pakan banyak, gizi hewan ternak tercukupi, sehingga sirkulasi kawin meningkat. Mulai dari hewan ternak sapi, kerbau, kambing, ayam dan lainnya,”katanya, Kamis (6/1).

Sementara, lanjut Doni musim hujan ini ada beberapa penyakit yang berpotensi menyerang. Seperti kembung, cacingan hingga diare. Penyebabnya, untuk penyakit kembung pada hewan ternak sapi, kerbau dan kambing, karena kadar air dari pakan ikut meninggi. Disarankan, pemberian pakan dikeringkan terlebih dahulu, untuk menghindari penyakit tersebut.

“Kalau cacingan, diare, penyebabnya karena kebersihan, mulai dari pakan hingga kandang, jadi harus rajin-rajin dibersihkan. Kalau memang sudah terjadi, bisa konsultasi ke kami untuk pengobatannya,” sampainya. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Masyarakat Minta PJ Bupati OKU Segera Ditetapkan 

Baturaja, Detik Sumsel – Hingga saat ini belum ada kejelasan siapa yang bakal menjadi PJ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *