Dikerjakan Asal – asalan, Baru Sebulan Usia Bronjong Ini Sudah Ambruk | Detik Sumsel
Pemprov

Dikerjakan Asal – asalan, Baru Sebulan Usia Bronjong Ini Sudah Ambruk

Baturaja, Detik Sumsel — Bangunan bronjong atau talud di Desa Kedondong Kecamatan Peninjauan yang baru seumur jagung sudah ambruk ke sungai Ogan.

Diduga bangunan yang dikerjakan kontraktor menggunakan dana APBD OKU tahun 2018 senilai Rp 489.974.000 itu tak kuat menahan arus air hujan pada Rabu (30/10) malam. Akibatnya bronjong yang dimaksudkan guna menahan terbisnya tanah akibat aliran sungai Ogan itu ikut longsor ke dalam air.

Warga setempat mengaku sangat kecewa dan mempertanyakan kekuatan bronjong yang menelan dana tidak sedikit itu.
“Baru seumur jagung pak genapkanlah satu bulan, ini sudah ambruk,  gimana itu coba,”tutur Pir warga Kedondong,  Kamis (1/11).

Menurut warga kejadian ambruknya bronjong terjadi saat hujan yang melanda kawasan itu pada malam harinya.

Warga menduga pengerjaan bronjong itu dilakukan asal-asalan. Sebab, baru kena hujan sedikit bronjong itu sudah ambruk.  Hal ini tentu sangat disayangkan warga. Pasalnya, jika bangunan bronjong itu habis dan tidak segera diperbaiki maka tetap akan mengancam pemukiman warga dan jalan umum.

Warga menilai, seharusnya pemborong yang melaksankan pengerjaan bronjong itu tidak asal-asalnya. “Harusnya ditalud pakai pakubumi. Ini hanya pakai bronjong asal-asalan pula,”timpal Meng warga lainya.

Warga juga sebelumnya sempat kecewa terhadap sikap pemborong yang tak mentaati atruan. Dimana saat pengerjaan tidak dipasang papan proyek. “Papanya dipasang sudah selesai pengerjaan,”beber mereka.

Warga berharap, perbaikan bronjong tersebut segera dilakukan, jika tidak maka akan terjadi longsor apalagi sudah masuk musim penghujan. “Jika tidak maka akan habis tanah ini,”tukasnya. (fei)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

FITK UIN RaFa Jadi Tuan Rumah Olimpiade Sains Mahasiswa se-Sumbagsel

Palembang, Detik Sumsel- Tahun ini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Raden Fatah Palembang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *