Dikunjungi Sandiaga Uno, Ini Modal Desa Burai OI Jadi yang Terbaik di ADWI 2021 | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Kedatangan Sandiaga ini dalam rangka meninjau potensi yang ada di desa yang berada di Kecamatan Tanjung Batu itu.

Dikunjungi Sandiaga Uno, Ini Modal Desa Burai OI Jadi yang Terbaik di ADWI 2021

Indralaya Detik Sumsel – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meninjau langsung Desa Wisata Burai di Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Kedatangan Sandiaga ini dalam rangka meninjau potensi yang ada di desa yang berada di Kecamatan Tanjung Batu itu.

Seperti diketahui, Burai masuk masuk 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Kedatangan Sandiaga ke Desa Burai bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar serta unsur Forkopimda maupun pejabat lainnya.

Tiba di Desa Burai pada Kamis (30/9) siang pukul 14.15 dan memulai perjalanan dengan kapal motor, rombongan Sandiaga dipandu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), melihat beberapa potensi desa.

Potensi wisata tersebut diantaranya kerajinan tenun songket, kemplang panggang, perlengkapan busana dan aksesoris dari anyaman tikar, budidaya ikan dan pemanfaatan limbah ikan menjadi pakan, produk pertanian serta makanan.

Hasil karya seni ini dipadukan dengan kampung warna-warni yang menghiasi cat dinding rumah warga. Serta wisata alam berupa pemandangan perairan rawa dengan matahari terbenam ditelan cakrawala.

Kepada warga Desa Burai, Sandiaga mengaku senang dapat menginjakkan kaki di Bumi Cara Seguguk.

“Setelah sempat tertunda, kami menepati janji untuk datang ke Desa Burai,” kata Sandiaga disambut tepuk tangan warga.

Satu-persatu tenant yang menampilkan kerajinan Desa Burai, disinggahi oleh Sandiaga. Ia juga mempublikasikan hasil kerajinan tenun songket warga melalui media sosial instastory.

“Melalui instastory ini, agar bisa dilihat oleh masyarakat di seluruh Indonesia mengenai potensi yang ada, Jadi Burai ini merupakan Desa Wisata Ekowisata karena beberapa waktu lalu juga meraih penghargaan di kancah nasional,” imbuhnya.

Sandiaga mengungkapkan, ADWI 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria penilaian dari Kemenparekraf.

Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

“ADWI 2021 mengangkat tema ‘Indonesia bangkit’, diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19,” terang Sandiaga.

Dilanjutkannya, ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 dari 70 ribu lebih desa di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan ADWI 2021 sudah melalui beragam tahapan, mulai dari kurasi berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap beberapa kategori.

“Mulai dari proses kurasi menjadi 300 besar desa wisata, lalu dikerucutkan menjadi 100 besar desa wisata dan hingga terpilih 50 besar desa wisata terbaik,” papar Sandiaga.

Adapun penentuan 50 desa terbaik dilakukan pada 16 hingga 20 Agustus lalu.

Rencananya, Sandiaga Uno akan meninjau langsung 50 desa terbaik tersebut mulai 23 Agustus lalu hingga 12 November mendatang.

Dari 50 desa tersebut, akan dikerucutkan lagi menjadi 10 besar dalam penilaian pada 15 hingga 19 November mendatang.

“Penentuan 4 desa terbaik dan favorit akan dilakukan pada 22 November hingga 3 Desember. Dan malam final akan diadakan pada 7 Desember mendatang,” terang Sandiaga.

Pada kesempatan sama, Kepala Desa Burai Erik Asrillah mengatakan bahwa Burai siap melangkah lebih jauh pada ADWI 2021.

Selain potensi yang ada, Desa Burai juga siap menampung wisatawan yang ingin bermalam, dengan menyediakan homestay di rumah-rumah warga.

Homestay ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet, air bersih serta listrik.

“Warga kami siap menyambut wisatawan dengan kearifan lokal yang dimiliki,” tegas Erik.

Dia berharap, satu-satunya desa wisata yang mewakili Sumatera Selatan ini dapat meraih peringkat 4 besar pada ADWI 2021.

Meski tak mudah mewujudkan target tersebut, Erik mengaku akan terus berusaha melakukan pembenahan dan pengembangan, terutama saat akan dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno.

“Mudah-mudahan tembus 4 besar. Kami juga mohon dukungan pemerintah karena Desa Burai ini satu-satunya yang mewakili Sumsel pada ADWI 2021,” ucapnya. (AL)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Safari Berburu Bantu Petani Berantas Hama Babi Hutan

Lahat, Detik Sumsel – Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *