Dinas Pariwisata Lahat Tidak Koordinasi, Pengelola Pelancu Kecewa | Detik Sumsel
Pemprov
Objek wisata Pelancu di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat.

Dinas Pariwisata Lahat Tidak Koordinasi, Pengelola Pelancu Kecewa

Lahat, Detik Sumsel — Dinas Pariwisata Lahat kembali membuat masyarakat, khususnya pemuda Lahat kecewa. Pasalnya, usai dengan telak menyuruh pemuda Lahat berkreasi di daerah lain lantaran ditiadakannya ajang Bujang Gadis Lahat (BGL). Kali ini membuat kecewa, pengelola wisata Pelancu di Desa Ulak Pandan,  Kecamatan Merapi Barat.

Bagaimana tidak, tanpa koordinasi dengan karang taruna desa setempat. Pelancu rupanya meraih juara 1 penghargaan wisata kreatif terpopuler se-Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI. Padahal sejak digagas 18 Agustus 2017 lalu, dibuka untuk umum 1 September 2017, hingga diresmikan 10 Oktober 2017 lalu. Tidak ada kontribusi dari Pemkab Lahat, terutama Dinas Pariwisata Lahat.

“Kita terkejut mengetahui Bupati Lahat, Marwan Mansyur, sudah mengambil penghargaan itu di Jakarta. Tapi kita bangga, kerja keras pemerintah desa, karang taruna, dan seluruh warga desa berbuah hasil,” ujar Evan Yusup, Ketua BUMDes Ulak Pandan, saat diminta komentarnya terkait penghargaan itu, Minggi (25/11).

Sementara, Ketua Karangtaruna Desa Ulak Pandan, sekaligus  pengelola objek wisata Pelancu, Nopri mengatakan, kekecewan itu bukan karena pihaknya mau ikut serta atau mau mendapatkan hadiah dari penghargaan itu. Melainkan karna tidak ada koordinasi. Mengingat, perhargaan itu jelas akan membuat tantangan lebih berat bagi pengelola, untuk terus berinovasi.

“Hanya Dinas Pariwisata Sumsel, yang sudah mengundang pengelola ke Palembang. Jangankan mau mengundang, koordinasi saja Dinas Pariwisata Lahat tidak mau,” cetus Nopri.

Terpisah, Kabid Objek Wisata Dinas Pariwisata Lahat,  Syaidina Amin mengatakan, dirinya belum bisa menjawab apa yang menjadi kekecewaan pengelola pelancu. Kemungkinan nanti bakal ada klarifikasi dari Kepala Dinas setelah pulang dari Jakarta.

“Ya kita sudah dapat informasi kekecewaan kawan kawan pelancu. Tapi maaf saya belum bisa jawab. Tunggu Kepala Dinas saja,” elaknya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Embat Celengan Masjid Dihari Jumat, Indra Beraksi Saat Jamaah Sedang Sholat

Palembang, Detik Sumsel — Aksi pencurian kotak amal yang dilakukan Indra Cahya di masjid Zaidin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *