Dipancingi untuk Bertemu, Pelaku Penipuan Melalui FB Ditangkap Korbannya | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Dipancingi untuk Bertemu, Pelaku Penipuan Melalui FB Ditangkap Korbannya
M Ari Tarik Alfansyah pelaku penipuan melalui online saat diamankan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumsel

Dipancingi untuk Bertemu, Pelaku Penipuan Melalui FB Ditangkap Korbannya

Palembang, Detik Sumsel — M Ari Tarik Alfansyah pelaku penipuan melalui online ini akhirnya ditangkap oleh Alfi Syari korbannya sendiri setelah dipancing untuk bertemu di Jalan Brigjen Dhani Effendi, Radial Kelurahan 24 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang Jumat (19/6).

Alfi Syari (25) warga Sukajadi ini tertipu saat hendak membeli Laptop Merk HP di Market Place Facebook, Rabu (17/6/2020) sekitar pukul 18.30 Wib. Setelah uang Rp 1,2 juta ditransfer laptop yang ia beli sama tersangka Ari Taufik tak kunjung datang

Merasa tertipu korban pun mencari pelaku sesuai alamat di KTP. Namun, korban tak menemukan pelaku korban tidak kehabisan akal. Lalu memancing pelaku dengan menyuruh teman wanitanya untuk mengajak pelaku kenalan dan bertemu.

Korban dan pelaku bertemu di depan rumah makan Palapa di Jalan Brigjen Dhani Effendi Kelurahan 24 Ilir Kecamatan Bukit Kecil. Korban bersama saudaranya langsung menangkap pelaku lalu di bawa ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sumsel.

“Aku nak beli laptop cepat, aku cari di market place FB. Ketemu pelaku yang nak jual Laptop HP harganyo Rp 3 juta lalu nego jadi Rp 2,3 juta,” kata Alfi saat di temui di SPKT Polda Sumsel.

Baca Juga :   17 Daerah di Sumsel Bakal Ramaikan Rakerda ASB

Setelah disepakati, lanjut Alfi mereka pun video call pelaku foto selfie dengan KTP nya yang membuat korban percaya dan langsung mentrasfer uang DP sebesar Rp 1.2 juta.

Keesokan harinya, korban mengajak pelaku bertemu untuk mengambil laptop yang hendak dibelinya didepan di Dunkin Donats Jalan Demang Lebar Daun Kecamatan IB I. Tapi mengatakan tidak bisa, dan diajak bertemu lagi pelaku kembali tidak bisa ketemu dengan alasan ibunya sakit dan sekarat sehingga butuh uang dan minta kembali dintransfer namun korban nenolak.

“Dio (pelaku) aku telpon terus tapi cuma reject nyo jadi buat aku mulai curiga. Lalu aku datangi rumah nyo sesuai alamat dio di KTP. Tapi cuma ketemu samo ibu nyo be. Dio jugo dak katek itikad baik. Jadi aku pancingi untuk bertemu menyuruh teman perempuannya untuk kenalan di FB,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sejuta Manfaat GoBiz Bagi Mitra dan Pengguna GoFood

Sementara itu, pelaku M Ari Tarik Alfansyah (23) warga Jalan Cempaka Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil mengaku dirinya tidak ada niat untuk menipu. Karena uang korban sudah terpakai Rp 400ribu dan sisanya Rp 800ribu masih di simpan di lemari.

“Aku pesan ke samo ibu aku kalau ada yang datang , tolong duet Rp 800 ribu yang ku simpan di lemari enjok ke samo wong nyo,”katanya.

Dikatakan nya Laptop yang akan ia jual memang ada tapi punya pacarnya yang memang ingin di jualnya. Tapi pacarnya urung untuk menjual laptop itu,jadi uang DP korban Rp 400ribu dia gunakan untuk judi online dan foya – foya.

“Aku tidak ada uang dan tidak ada kerjaan jadi khilaf menggunakan uang Rp 400ribu itu,” pungkasnya.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi membenarkan jika ada penyerahan pelaku penipu online di SPKT Polda Sumsel. ” Untuk saat ini pelakunya masih dalam pemeriksaan,”(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Desak Pemkot Pagaralam Harus Miliki Alat Tes Swab PCR

Pagaralam, Detik Sumsel- Terus bertambahnya kasus terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona (Covid-19) dan kasus yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *