Dipecat Tanpa Pesangon, Eks Pekerja Sawit di Lahat Datangi Kantor Disnakertrans | Detik Sumsel
BNI"

Dipecat Tanpa Pesangon, Eks Pekerja Sawit di Lahat Datangi Kantor Disnakertrans

Lahat, Detik Sumsel — Tidak terima dipecat tanpa memberikan uang pesangon. Sebanyak 150 ibu-ibu mantan pekerja perawatan kebun PT Sawit Mas Sejahtera (SMS), sekitar pukul 10.30 WIB mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lahat. Melaporkan pihak perusahaan telah melakukan tindak semena-mena yang melanggar undang-undang tenaga kerja.
Ketua Umum Serikat Buruh Perkebunan Kelapa Sawit (SBPKS) Lahat, Fauzi Anwar mengatakan, ratusan ibu-ibu ini sudah bekerja sejak 2012 lalu, sebagai perawat kebun. Diberhentikan perusahaan tanpa kejelasan, dan tanpa menerima uang pesangon. Ditambah kini perusahaan telah merekrut karyawan baru.
“Kita telah melakukan perundingan dengan pihak perusahaan, janjinya satu minggu, tapi belum ada kejelasan. Makanya kami kesini ingin mengadukan bagaimana nasib para ibu-ibu ini kedepan,” kata Fauzi, Rabu (12/9).
Kepala Disnaker Kabupaten Lahat, Ir H Ismail Hanafi MTP, melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Aris Toteles SH MH menyampaikan, pihaknya telah menerima aduan dari para karyawan perusahaan tersebut. Sesuai prosedur Disnakertrans terlebih dahulu akan memanggil pihak perusahan. Mendengarkan penjelasan dari perusahaan, dan mencari solusi terbaiknya.
“Kita tunggu dulu dari serikat buruh untuk membuat surat pengaduan, secara tertulis dengan melampirkan risalah, bahwa telah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan. Jika sudah ada, perusahaan akan kita panggil,” sampainya. (heru).
H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Underpas Rp 20 Miliar, Hanya Jadi Kolam Ikan

Lahat, Detik Sumsel – Keberadaan underpas yang berada di jalan lingkar Desa Manggul, Kecamatan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *