Dipercaya Urus Pemasangan Jaringan Air Bersih, Hari Handoko Tilep Puluhan Juta Uang Tetangganya | Detik Sumsel
Pemprov
Hari Handoko pelaku penipuan tetangga saat diamankan di Polsek Gandus

Dipercaya Urus Pemasangan Jaringan Air Bersih, Hari Handoko Tilep Puluhan Juta Uang Tetangganya 

Palembang, Detik Sumsel — Hari Handoko (39) warga Perumahan Cantika Jelita, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus Palembang ini harus berurusan dengan aparat kepolisian setelah ditangkap anggota Reskrim Polsek Gandus Rabu (9/2/2022).

Pria berkepala plontos ini ditangkap dalam kasus penipuan terhadap puluhan warga di perumahan tempat tinggalnya. Hari menjanjikan tetangganya bisa mengurus pemasangan jaringan pipa instalasi air bersih PDAM Tirta Musi di perumahan tempat tinggalnya sejak Agustus tahun 2021 lalu.

Kapolsek Gandus AKP Kusyanto mengatakan modus tersangka menipu warga di perumahan tempat tinggalnya dengan menawarkan pemasangan jaringan pipa air bersih PDAM Tirta Musi karena di perumahan Cantika Jelita, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus Palembang belum dialiri air bersih.

“Kepada warga tersangka ini meminta uang untuk masing-masing korbannya sebesar Rp2.1 juta,” ujar Kusyanto, Jumat (11/2/2022).

Setelah uang diberikan kepada tersangka Handoko, aliran PDAM tidak kunjung masuk ke rumah warga.

Warga yang curigan dan sadar bahwa telah ditipu. Korban Erika Chandra (38) dan korban lainya mengecek langsung ke kantor PDAM Tirta Musi dan menunjukan karcis pembelian pipa distirbusi kepada pihak PDAM Tirta Musi.

“Pada saat warga memperlihatian kwitansi tersebut, pihak PDAM mengaku jika uang tersebut tidak pernah disetorkan Hari Handoko kepada pihak PDAM,” jelasnya.

Setelah ditelusuri ternyata kwitansi tersebut palsu. Mengetahui kwitansi tersebut palsu dan uang warga tidak pernah di setorkan kepada pihak PDAM Tirta Musi, para korban langsung menghampiri pelaku kerumahnya.

Akibat perbuatan Hari dilaporkan warga ke Polsek Gandus.

“Mendapatkan laporan korban kita langsung bergerak cepat hingga mengamankan tersangka di rumahnya tanpa ada perlawanan,” jelasnya.

Ditambahkan Kusyanto, saat dilakukan introgasi oleh anggotanya, Hari mengakui bahwa ada sebanyak 34 orang yang telah berhasil ditipunya dengan modus yang sama.

Atas perbuatannya tersangka Hari Handoko dijerat dengan pasal 378dan 372 dengan ancaman paling lama 4 tahun penjara.

Sementara itu, tersangka Hari Handoko mengakui dari hasil menipu tetangganya ia mendapatkan uang Rp75 juta.

“Uang tersebut saya gunakan untuk membayar hutang,” ujarnya, Jumat (11/2/2022).

Hari mengatakan ia memang disuruh warga untuk mengurus pemasangan jaringan air bersih akan tetapi semua itu tidak dilakukan.

“Uang warga memang tidak pernah saya setorkan, melaikan saya gunakan untuk kepentingan pribadi,”tutupnya.(oji)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

H Tama Calon Tunggal Ketua Demokrat Ogan Ilir

Palembang, Detik Sumsel — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bakal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.