Disela Istirahat Anggota Satgas TMMD Belajar Membuat Batu Bata Tradisional | Detik Sumsel

PKN
Pemprov

Disela Istirahat Anggota Satgas TMMD Belajar Membuat Batu Bata Tradisional

Pati, Detik Sumsel – Didesa Tamansari, Kecamatan Jaken bermacam kegiatan warga dalam mengembangkan usaha bisnisnya, salah satunya usaha memproduksi batu bata milik Patno, yang sudah digelutinya selama puluhan tahun, batu bata sendiri merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding rumah, pagar dan lain sebagainya.

Dengan Seiring perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, penggunaan batu bata semakin menurun. Munculnya material-material baru seperti, batako dari bahan pasir dan semen, gipsum, Board, Asbes, Triplek, bambu yang telah diolah, alasannya mungkin karena harga lebih murah dan secara arsitektur lebih indah. Namun dengan adanya hal itu tidak menjadi halangan bagi Patno untuk tetap memproduksi karena semua tergantung konsumen.

Baca Juga :   Melaksanakan Koordinasi Tentang Pembuatan Tugu Prasasti TMMD

Dalam kesempatan istirahat bekerjanya anggota satgas TMMD Serda Subakir menyempatkan waktu untuk belajar cara membuat batu bata, yang bahan baku pembuatannya menggunakan tanah liat. Patno pun menjelaskan cara membuat batu bata tradisional, yaitu dengan tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan dengan bahan bakar dari sekam padi atau kulit padi. pembakaran tersebut dibuatkan tungku. Minggu (27/06/2021)

“Untuk membakar batu bata saya menggunakan sekam padi, dan biasanya saya dapat dari penggilingan padi, tapi harus pesan dulu karena juga banyak peternak ayam broiler menggunakan alas dengan sekam padi,” imbuhnya.

Baca Juga :   Betonisasi TMMD Pasti Gunakan Plastik Cor

Sementara itu Serda Subakir, yang tampak dengan seksama menyimak cara pembuatan batu bata tradisional juga tak tinggal diam, ia lantas mempraktekannya dengan mengambil sekop yang ada disisi gundukan sekam padi.



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Dua Atlet Asal Ogan Ilir Sumbang Dua Medali Untuk Indonesia

Indralaya, Detik Sumsel – Dua orang atlet asal Ogan Ilir yang memperkuat kontingen Indonesia di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.