Ditangan Sarmo, Limbah Kayu Bisa Jadi Barang Bernilai Seni | Detik Sumsel
Pemprov

Ditangan Sarmo, Limbah Kayu Bisa Jadi Barang Bernilai Seni

Pati, Detik Sumsel – Sarmo (47) warga Dukuh Pandahan RT.01/03, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, adalah seorang pengrajin hiasan dinding yang berbahan kayu, kerajinan ini hanya orang-orang yang mempunyai jiwa seni, tidak layaknya pengrajin kayu biasanya.

Ketika waktu senggang, Sukarji salah satu anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati berkunjung ke tempat pembuatan kerajinan tersebut. Sukarji pun tertarik dengan hasil-hasil karya dari Sarmo bersama sartu orang temannya.

Sukarji mengatakan, kerajinan ini tidak harus berbahan kayu jati yang mahal, kayu apapun bisa dijadikan hiasan dinding. Seperti kayu bekas penggulung kawat listrik, ditangan Sarmo bisa disulap menjadi barang yang bernilai jual cukup fantastis.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Sarmo dan temanya, dari bahan kayu bekas bisa dimanfaatkan menjadi hiasan dinding yang bernilai seni,” ujar Sukarji. Sabtu (19/6/2021)

Sementara Sarmo mengucapkan terimakasih atas kunjungannya ke tempatnya. Dia pun terlihat akrab dengan Satgas TMMD dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Sukarji.

“Usaha ini saya lakukan berkat kerjasama dengan rekan yang bekerja di PLN, Dia menawarkan kayu bekas gulung kabel listrik untuk dimanfaatkan,” ujarnya.

“Dari situlah timbul ide untuk menjadikan kayu tersebut menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Alhamdulillah, hari hasil penjualan karya saya bisa untuk menghidupi isteri dan dua anak saya,” pungkasnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Menjawab Tantangan Nasional, SKK Migas – Pemkot Solo Sepakat Lakukan Pengembangan

Surakarta, Detik Sumsel – Nota kesepahaman untuk bersinergi mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *