Dodi Reza: Ditengah Pandemi, Pramuka Berbakti Tanpa Henti | Detik Sumsel
Pemprov
Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Muba, Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, menyematkan penghargaan kepada salah satu Ketua Majelis Bimbingan Ranting, pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 di Halaman Kantor Kecamatan Babat Supat, Selasa (24/8).

Dodi Reza: Ditengah Pandemi, Pramuka Berbakti Tanpa Henti

Sekayu, Detik Sumsel – Capaian prestasi dan keaktifan Pramuka di Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kendali Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Muba, Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang tak lain Bupati Muba tak perlu diragukan lagi.

Capaian prestasi di tingkat provinsi dan nasional, bahkan yang teranyar Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA salah satu Kepala Daerah di Indonesia yang disematkan Lencana Melati yang merupakan tanda penghargaan dalam gerakan Pramuka kepada seorang yang berjasa besar bagi pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di daerah, setelah sebelumnya pada 2018 lalu Dodi Reza juga disematkan Lencana Darma Bakti langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dodi menyebutkan, berdasarkan arahan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing nasional gerakan pramuka dalam hari pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan. gerakan kedisiplinan nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama.

“Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka di Kabupaten Musi Banyuasin ini untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema hari pramuka kita yaitu “pramuka berbakti tanpa henti”, kegiatan berbakti ini dapat dilakukan dimana saja, dimulai dari lingkungan keluarga dan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat,” bebernya pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 di Halaman Kantor Kecamatan Babat Supat, Selasa (24/8).

Dia juga mengatakan, Pramuka harus peduli sesama, peduli masyarakat dan sosial yang sedang terjadi di negara akhir-akhir ini, pramuka harus tangguh walaupun diterpa keterbatasan dan kesulitan, dalam artian sekarang ini sedang dalam keterbatasan. Pramuka yang biasanya banyak sekali kegiatan, aktif dilaksanakan namun semuanya terpaksa di tunda.

“Dibalik itu semua, pesan yang harus kita sampaikan kepada semua anggota pramuka adalah, untuk tetap tangguh, tumbuh dan maju, oleh karena itu peringatan hari Pramuka ke -60 di kabupaten Muba dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, tapi suasana tetap khimat, twrtib, teratur dan menjadi khas Pramuka di Muba semua yang hadir semangat,”ujar Dodi.

Dodi, dirinya mengapresiasi kwartir cabang Muba dibawah kepemimpinan Ketua Kwartir Cabang, kak Apriyadi dan juga jajaran pengurus. “Ayo mari semangat tetap kita jaga, dalam masa kesulitan ini Kwarcab Muba harus tetap menunjukkan bahwa gerakan Kwarcab Muba tidak pernah mati, justru lebih tertantang untuk terus tumbuh, dan saya selaku Kamabicab akan terus memberikan apresiasi, suport dan dorongan setinggi-tingginya kepada Kwartir Muba untuk tetap aktif melakukan kreatifitas untuk mencetak prestasi,”pungkasnya

Menurut laporan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Drs H Apriyadi MSi,  peringatan hari pramuka ke-60 tahun 2021 mengusung tema “Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional”, artinya gerakan pramuka harus membiasakan  diri dengan kebiasaan baru dan selalu melaksanakan protokol kesehatan dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Ini semua telah kami laksanakan dari tahun sebelumnya dan dalam rangka pelaksanaan bulan bakti gerakan pramuka, Kwarcab gerakan pramuka Muba memberikan bantuan sembako melalui kegiatan pramuka peduli kwarcab Muba, juga membagikan bendera merah putih, dan melaksanakan rangkaian kegiatan ziarah ke makam pahlawan serta tokoh-tokoh gerakan pramuka baik di tingkat kwartir cabang maupun di tingkat kwartir ranting kami juga membantu menyalurkan bantuan sembako dari Bupati Muba kepada masyarakat yang membutuhkan,”paparnya.

Dikatakan Apriyadi, walaupun dalam masa pandemi  COVID – 19 kwartir cabang gerakan pramuka tetap berusaha melaksanakan kegiatan baik secara daring maupun luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga kegiatan yang terlaksana sampai saat ini berjumlah + 115 kegiatan kwartir cabang, ditambah kegiatan kwartir ranting gerakan pramuka Muba dari bulan januari sampai dengan juli 2021 sejumlah 3.914 kegiatan, jadi dari tahun 2017 sampai dengan 2021 kegiatan yang dilaksanakan kwartir cabang sejumlah 15.421 kegiatan,terdiri dari kegiatan tingkat dewasa dan anggota muda seperti seleksi pramuka garuda.

“Kami juga tetap memberikan apresiasi bagi kakak – kakak yang telah memperjuangkan, memajukan, dan mengabdikan diri bagi gerakan pramuka melalui pemberian penghargaan, diantaranya Melati sebanyak 2 orang, Darma bakti sebanyak 4 orang, dan Pancawarsa sebanyak 51 orang untuk tahun 2021,” urainya.

Ia menambahkan, dari tahun 2018 sampai dengan sekarang yang mendapatkan penghargaan tokoh pramuka sebanyak 123 orang, ada juga Penghargaan Keluarga pramuka dari tahun 2018 sampai dengan sekarang sejumlah 94 orang, Penghargaan pramuka berprestasi dari tahun 2019 sampai dengan sekarang sejumlah 15 orang, dan Pramuka Garuda dari tahun 2017 sampai dengan sekarang sejumlah 157 orang.

“Tentunya semua yang dapat kami capai dan kami lakukan saat ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari kakak Kamabicab gerakan pramuka Muba, untuk itu kami ucapkan terima kasih,” tandasnya. (edy)

 

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ops Patuh Musi 2021, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes 

Baturaja, Detik Sumsel – Selama dua pekan kedepan Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *