Dorong Pelaku UMKM, Pempek Tanggo Rajo Bertekad Menembus Pasar Nasional | Detik Sumsel
Detik

Dorong Pelaku UMKM, Pempek Tanggo Rajo Bertekad Menembus Pasar Nasional

Palembang, Detiksumsel – Bank Sumsel Babel (BSB) mendorong pelaku UMKM di kampung Pempek Tanggo Rajo kawasan 7 Ulu agar bisa naik kelas dan usahanya terus besar sehingga meningkatkan perekonomian warga.

Pengrajin pempek ini diberikan bantuan modal usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan dan tanpa bunga dengan modal awal Rp 2 juta.

Setidaknya ada tiga agen pempek besar di kawasan Tanggo Rajo ini yang bisa memproduksi ratusan ribu pempek setiap harinya

“Bantuan modal kita berikan berupa KUR hingga alat dengan nilai dan jumlah bertahap sesuai kemampuan dan progres usahanya dan diharapkan bisa terus naik kelas dan berkembang lebih baik,” kata Direktur Utama BSB Achmad Syamsuddin di sela gotong royong pembersihan kawasan sentra pempek itu, Minggu (19/12)

Achmad Syamsuddin menambahkan , hingga kini BSB telah menyalurkan KUR nyaris Rp 1 triliun dengan fokus penyaluran KUR kluster atau ekosistemnya. Sehingga diharapkan bisa membangkitkan sentra ekonomi warga.

Dia menambahkan, awalnya tahun ini BSB hanya mendapat porsi penyaluran KUR Rp 500 juta namun karena realisasi penyalurannya terpenuhi maka BSB mengajukan tambahan pembiayaan KUR dan disetujui Rp 1 triliun.

Diprediksi Januari 2022 KUR ini 100 persen terealisasi dan BSB siap merealisasikan KUR lebih besar lagi jika ditambah pemerintah.

“Kita siap-siap saja berapa tambahan yang akan diberikan, misalnya Rp 1,5 sampai Rl 2 triliyun kita siap menyalurkanya bila disetujui pemerintah untuk tambahan tersebut.”katanya

Dia berharap ke depan pempek di kawasan ini bukan cuma bisa dibeli wong Palembang saja tapi juga bisa memenuhi permintaan online sehingga pangsa pasarnya bisa lebih luas lagi dan tentu saja bisa membantu perekonomian warga.

Sementara itu Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan warga harus menjaga kebersihan kawasannya seperti sentra kampung pempek ini agar wisatawan betah berkunjung dan menyantap pempek di kawasan ini.

Kampung Tanggo Rajo juga bisa menjadi destinasi wisata baru karena warga dagang ke kawasan ini dengan menyebrang dari Benteng Kuto Besak (BKB) karena kawasan ini persis berada di seberang BKB.

“Kalau kita buat tempat parkir di kawasan ini butuh dana besar jadi lebih baik kita hidupkan wisata air dengan naik getek dan itu juga ciri khas wisata Palembang wisata sungai Musi dan bisa menghidupkan transportasi sungai dan pemerintah siap mensupport transportasi tersebut,” kata Harnojoyo.(May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Stok Beras di Sumsel Babel Aman Hingga Lima Bulan Kedepan

Palembang, Detik Sumsel- Di awal tahun, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatra Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *