Dorong UMKM Tumbuh Lewat Seru Sriwijaya | Detik Sumsel
BNI"

Dorong UMKM Tumbuh Lewat Seru Sriwijaya

Palembang, Detik Sumsel – Ekonomi Indonesia sebagain besar masih disokong oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih mendominasi jumlah pelaku usaha di tanah air.

Sayangnya meski jumlahnya besar namun Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang disumbang UMKM masih kecil.

Itulah sebabnya, pemerintah terus mendorong agar UMKM tumbuh, berkembang, memperluas pemasaran bahkan hingga go global.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan jumlah UMKM di Sumsel saat ini 644 ribu pelaku UMKM. Angka ini menurutnya sangat kecil atau hanya 1 persen dari jumlah penduduk Sumsel.

Hal ini harus dimanfaatkan warga Sumsel karena masih ada banyak peluang usaha yang bisa digarap karena potensi pembiayaan UMKM sangat besar hingga Rp 10 miliar per UMKM.

” UMKM itu harus berkembang jadi mikro dan mandiri nantinya jangan cuma kecil terus atau cuma usaha kecil-kecillan saja,” ungkap Deru disela – sela kegiatan Seru Sriwijaya yang digelar secara virtual, Senin (25/10).

Dia menambahkan, peluang besar itu harus dimanfaatkan dengan baik. Meski besarnya peluang itu namun memang ada kendala yang dihadapi untuk mengembangkan UMKM saat ini misalnya saja mengubah mindset milenial dari mencari kerja menjadi menjadi wirausaha.

“Kebiasaan milenial yang mencari kerja itu harus diubah bahwa mereka bisa membuka dan menciptakan peluang kerja,”katanya.

Kondisi ini juga harus didukung oleh pemerintah. Salah satunya dengan menggiatkan kembali pelatihan keterampilan dan kapasitas diri agar bisa menjadi wirausaha.

Selain itu di Sumsel sudah ada banyak wadah membangun UMKM agar bersatu dan naik kelas. Oleh sebab itu misalnya kita ke depan bersama menyatukan semua itu agar bisa membuat UMKM bangkit dan menjadi kekuatan ekonomi baru juga membuat geliat ekonomi kembali bangkit.

Sumsel itu sudah dicanangkan menjadi display produk UMKM Sumatera berdasarkan kesempatan 10 Gubernur Sumatera namun sayang karena landemi membuat rencana itu tidak terlaksana tapi jangan menyerah kita dongkrak agar UMKM terus tumbuh sehingga pertumbuhan ekonomi Sumsel semakin baik meski saat ini sudah melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo mengatakan sebagai upaya mendorong UMKM terus tumbuh dan berkembang adalah dengan mencintai produk Indonesia.

Membeli dan menggunakan produk lokal membuat usaha UMKM bisa bertahan dan membangkitkan perekonomian di masa pandemi.

“Banyak usaha dan kerjasama yang kita jalin dengan berbagai stakeholder untuk membuat UMKM Sumsel terus maju dan berkembang salah satunya dengan Seru Sriwijaya ini,”tutupnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Nikmati Pergantian Tahun Dengan Flavour Night Dinner Exvelton

Palembang, Detik Sumsel – Momen pergantian malam tahun baru menjadi salah satu malam yang spesial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *