Dosen Universitas Bina Darma Ikuti Seminar Kolaborasi Literasi Digital Melalui Membaca Nyaring 

Iklan detik Sumsel

Bina Darma, Detiksumsel.com – Kegitaan membaca nyaring (Reading Load) dinilaidapat meningkatkan literasi bagi pendengar utamanya untuk anak-anak dan Sebagian remaja.

Berangkat dari hal itu, Universitas Bina Darma turut serta dalam kegiatan seminar kolaborasi literasi digital melalui membaca nyaring Bersama Koorprodi Doktor LT: Prof. DR.Ninuk Lustyntie,M.Pd.

Pada Seminar yang dilakukan secara daring itu, mengungkapkan bahwa kolaborasi akademik ini penting untuk saling berdiskusi terkait literasi dalam payung akademik linguistik terapan dan mengembangkan ilmu transdisipliner maupun multidisipliner.

“Kegiatan ini mengundang praktisi di bidang membaca nyaring yang kemudian dapat dikembangkan melalui studi para mahasiswa,” kata Prof. Ninuk.

Praktisi Membaca nyaring dan Pendiri Komunitas Read Aloud, Rosie Setiawan mengungkapkan, membaca nyaring ternyata mampu membangun sel-sel otak baru. Selain itu menambah pengetahuan anak dan juga meningkatkan rentang perhatian atau lebih fokus.

“Dari sisi psikologi, membaca nyaring menambah proses ingin tahu anak, memicu kreativitas dan imajinasi, bahkan menambah rasa percaya diri,”tambahnya.

Karena itu, tegas dia, membaca nyaring memberi multi efek dan berdampak penting untuk pengembangan literasi.

“Berdasarkan PISA, anak-anak yang berusia 15 tahun yang orang tuanya membacakan cerita mereka akan menjadi pembaca yang lebih baik, “ ungkap dia.

Sementara, Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Prof. DR. Wardani Rahayu mengungkapkan, Kegiatan S2 dan S3 LT yang melibatkan praktisi untuk meningkatkan keilmuan dan seminar ini merupakan salah satu IKU (Indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi yang diminta Dikti.

Turut hadir, Direktur  Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Dedi Purwana, E.S, M.Bus, Koorprodi Doktor Linguistik Terapan Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd, Koorprodi Magister Linguistik Terapan Dr. Shafruddin Tajuddin, MA.

Komentar