DPRD OKU Dorong Pemkab Terbitkan Perda Prokes | Detik Sumsel
Pemprov
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD OKU, Yopi Sahrudin

DPRD OKU Dorong Pemkab Terbitkan Perda Prokes

Baturaja, Detik Sumsel – DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendorong Pemkab setempat menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Protokol Kesehatan (Prokes) agar masyarakat mematuhi aturan pencegahan penyebaran covid-19.

“Perda tentang Prokes ini sebagai payung hukum untuk ditegakkan di Kabupaten OKU,” kata Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD OKU, Yopi Sahrudin, Rabu (16/3).

Dia menjelaskan, Perda Prokes yang diusulkan itu dibentuk untuk melindungi masyarakat dari penyebaran covid-19.

“Belum adanya Perda tentang Prokes membuat masyarakat masih banyak yang menganggap enteng protokol kesehatan,” tegasnya.

Dengan adanya Perda, katanya, maka dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan 5M yang dianjurkan pemerintah, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dengan adanya penegakan mematuhi prokes covid-19, kata dia lagi, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu mematuhi aturan tersebut.

“Perda Prokes sudah diterapkan di beberapa daerah, salah satunya Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dan hasilnya memang cukup signifikan dalam mengendalikan penyebaran covid-19,” ujarnya.

Untuk itu lanjut dia, pihaknya mendorong Pemkab OKU agar membentuk Perda Prokes dengan harapan penyebaran covid-19 dapat dikendalikan secara maksimal.

“Dengan adanya aturan yang memiliki payung hukum diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu mematuhi prokes,” tandasnya. (Fei).


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

DPRD Palembang Berduka, Azhari Haris Tutup Usia

Palembang, Detik Sumsel – Innalilahi wainailaihi rojiun, kabar duka menyelimuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.