Dua Minggu Polrestabes Palembang Ringkus 13 Tersangka Tiga C | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Edi Rahmat Mulyana menunjukkan barang bukti dihadapan wartawan

Dua Minggu Polrestabes Palembang Ringkus 13 Tersangka Tiga C

Palembang, Detik Sumsel — Dalam kurun waktu dua minggu, Satreskrim Polrestabes Palembang membekuk 13 orang pelaku kejahatan Curas, Curat dan Curanmor (3C). Dari 13 orang yang dibekuk, empat diantaranya terpaksa dilumpuhkan kakinya dengan timah panas lantaran melakukan perlawanan terhadap anggota saat akan ditangkap.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Edi Rahmat Mulyana mengatakan para pelaku kejahatan 3 C melakukan aksi kejahatannya mulai dari bobol rumah, penjambretan, penodongan hingga melakukan aksi curanmor diwilayah hukum Polrestabes Palembang. Para pelaku ini diringkus berdasarkan laporan para korbannya.

Dari laporan tersebut anggota Reskrim Polrestabes Palembang melakukan penyelidikan sehingga berhasil meringkus tiga belas orang pelaku. Ke 13 orang tersangka ini diringkus dalam kurun waktu dua minggu akhir Desember 2020 dan awal Januari 2021 mereka diringkus ditempat dan waktu yang berbeda.

Baca Juga :   Pengurus ICMI OKI Dilantik, Ini Harapan Wabup Shodiq dan Ketua ICMI Sumsel

“Dalam menjalankan aksinya para pelaku ada yang beraksi di malam hari dan siang hari. Saat beraksi pelaku membawa senjata tajam dan senjata api rakitan. Rata-rata pengakuan pelaku melakukan aksinya terdesak ekonomi,”kata Irvan saat pres rilis tersangka dan barang bukti di Mapolrestabes Palembang Senin (11/1/2021).

Dikatakan Irvan, salah satu pelaku Curas yang diamankan ditemukan barang bukti senjata api rakitan yang digunakannya saat beraksi. Meskipun senpira tersebut belum diletuskan namun tetap saja berbahaya bagi masyarakat yang menjadi korbannya.

“Selain pasal pencurian, tersangka juga kita jerat dengan UU darurat no 12 tahun 1951 tentang larangan membawa Sajam dan senpira ditempat umum, hal ini juga diperkuat dengan maklumat yang dikeluarkan oleh bapak Kapolda Sumsel,”tuturnya.

Baca Juga :   Pelaku Jambret Meresahkan Akhirnya Ditangkap

Lebih lanjut dikatakan Irvan, untuk barang bukti lain yang diamankan dari 13 orang tersangka diantaranya televisi, sepeda motor, kabel listrik, handphone yang telah dicuri oleh para tersangka.

Sementara itu, Darmawan salah satu pelaku pembobolan rumah mengakui perbuatannya telah melakukan pembobolan rumah di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berhasil menggasak barang berharga milik korban.

“Saya jual beberapa barang berharga korban tinggal motor dan televisi saja yang belum saya jual, uangnya sendiri saja belikan sabu dan untuk Kebutuhan sehari-hari,” tutupnya.(oji)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tiga Kran PDAM Milik Warga Digondol Maling

Palembang, Detik Sumsel – Beredar video di akun Instagram lokal Palembang, seorang pria berbaju kaos …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.