Duplikatkan Kunci, Tulus Embat Motor yang Pernah Dipinjamnya | Detik Sumsel
Detik
Tulus Manuarang Sianturi alias Baron pelaku Curanmor dengan modus Duplikatkan kunci kontak
Tulus Manuarang Sianturi alias Baron pelaku Curanmor dengan modus Duplikatkan kunci kontak

Duplikatkan Kunci, Tulus Embat Motor yang Pernah Dipinjamnya

Palembang, Detik Sumsel — Berawal dari minjam motor milik korbannya, Tulus Manuarang Sianturi alias Baron (27) lalu membuat kunci duplikat untuk mencuri motor korban yang sedang terparkir di indekost tempatnya bekerja di Jalan Lebak Rejo samping masjid Muslim Kelurahan 20 Ilir D II Kecamatan Kemuning beberapa hari lalu.

Aksi Baron terbongkar setelah anggota Reskrim Polsek Kemuning memeriksa rekaman CCTV yang ada dilokasi sehingga ia diringkus sedang menjaga indekost di Jalan Lebak Rejo samping masjid Muslim Kelurahan 20 Ilir D II Kecamatan Kemuning Minggu (22/12).

Dengan barang bukti satu unit sepeda motor Honda Beat BG 5417 VT milik korban Dwi Rasyid Assiddiqi (22) yang disita dari tangan tersangka.

“Aku pinjem dulu motor korban sekali. Sudah itu aku pinjem lagi. Yang keduo kali itulah kunci kontaknyo aku duplikat ke,” kata Baron saat diamankan di Polsek Kemuning, Senin (23/12/2019).

Diakui Tulus, sebelum mencuri motor korban ia terlebih dahulu merencanakan dengan pura pura meminjam motor korban yang kebetulan ngekos ditempatnya bekerja korban yang tidak menaruh curiga langsung meminjam motor ke tersangka. Ia pun langsung mendatangi tempat pembuatan duplikat kunci dikawasan KM 12. Setelah itu, tersangka mengembalikan motor beserta kunci tersebut kepada korban.

Lalu sore harinya, tersangka melihat korban pergi bersama pacarnya sementara itu sepeda motor yang di kunci stang terparkir di garasi bagian belakang rumah tersangka

“Waktu korban balek jingok motornyo ilang dan nanyo samo aku katonyo kak dimano motor aku, aku omongin dak tahu cubo tanyo – tanyo samo uwong disano kareno ado kemalingan jugo,”terangnya.

Motor korban yang berhasil dicuri tersangka langsung disimpannya di rumah. “Rencananya motor itu nak aku pake dewek, Idak nak ku jual ,”ungkapnya.

Kapolsek Kemuning AKP Robert P Sihombing melalui kanit Reskrim Iptu Arlan Hidayat mengatakan modus pelaku ini meminjam sepeda motor korbannya, dimana kebetulan pelaku ini penjaga indekost di rumah ibu Inggrid.

“Pelaku menduplikatkan kunci kontak motor korban yang pernah dipinjam pelaku. Saat korban pergi sepeda motor korban di curi dan di simpannya. Dan rencana sepeda motor itu akan di modif dan tidak ingin di jual ,” ujarnya.

Pelaku ditangkap berdasarkan rekaman CCTV dimana pelaku melakukan pencurian sepeda motor. ” Dari pengakuannya baru satu kali mencuri motor ,”tandasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *