Dzikir dan Do’a Bersama Sekaligus Memperingati Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah | Detik Sumsel
Pemprov

Dzikir dan Do’a Bersama Sekaligus Memperingati Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah

Palembang, Detik Sumsel — Pada Selasa 10 Agustus 2021, bulan Muharram menjadi salah satu bulan suci bagi umat Islam selain bulan Ramadhan. Keistimewaan tanggal 1 Muharram berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulallah S.A.W. dari Mekkah ke Madinah. Rasul menyebut bulan Muharram sebagai bulan istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah. Sehubungan dengan keistimewaan bulan Muharram itu, Laboratorium Keagamaan melaksanakan kegiatan yang bernuansa keislaman yaitu Dzikir dan Do’a dengan tema “ Dengan Hikmah Tahun Baru Islam, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Menuju Insan Kamil Yang Cerdas Beretika Religius Di Era Revolusi 5.0”.

Narasumber dalam kegiatan ini merupakan Dosen Tetap di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yaitu Ustadz Dr. H. Kms. Badaruddin, M. Ag yang memimpin do’a dan dzikir, serta   Ustadz Sofyan Daim, M. Hi menyampaikan materi tentang hikmah tahun baru Islam.

Kegiatan Doa dan Dzikir dalam memperingati Tahun Baru Islam 1443 H ini dihadiri Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah Idi, M. Ed., Wakil Dekan I Dr. Muhammad Fauzi, M.Ag., Wakil Dekan II Dr. Fitri Oviyanti, M. Ag., Wakil Dekan III Dr. H. Kms. Badaruddin, M.Ag.,  para Kaprodi di lingkungan FITK,  Kepala Laboratorium Keagamaan Dr. Nurlaila, M.Ag., para Sekretaris Prodi di lingkungan FITK, para Dosen FITK, Staf di lingkungan FITK, segenap panitia dari Laboratorium Keagamaan FITK, Mahasiswa/i Praktikum Ibadah Kemasyarakatan, Mahasiswa FITK yang telah mengikuti Ujian Tahfizh periode Agustus 2021 yang berjumlah 86 orang, dan para tamu undangan BKPRMI Sumsel, serta IKADI Kota Palembang.

Kegiatan ini merupakan Program Kerja Laboratorium Keagamaan FITK tiap 3 bulan sekali, sebagai kegiatan yang positif untuk mendekatkan diri pada Allah dan mengoptimalkan potensi Mahasiswa.

Setelah laporan dan sambutan Kepala Laboratorium Keagamaan FITK, acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed., yang sekaligus membuka kegiatan Doa dan Dzikir. Dekan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan doa dan zikir dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1443 H. Tak lupa beliau menyampaikan juga ucapan terima kasih kepada Kepala Laboratorium Keagamaan Dr. Nurlaila, M.Ag. dan seluruh panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat terlaksana dengan lancar. Beliau berharap, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat muslim, sebagai mana yang diamanahkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. “Ada dua hikmah yang kita ambil dari kegiatan ini. Pertama, dalam memperingati tahun baru Islam tidak terlepas dari hijrah Nabi Muhammad S.A.W. dari Mekkah ke Madinah yang sangat banyak tantangan dan rintangan, namun Beliau meyakinkan bahwa ini yang terbaik, dan berdampak pada perkembangan Islam yang pesat. Lalu yang kedua, penting bagi kita untuk menjadikan peringatan tahun baru ini sebagai sarana untuk muhasabah, introspeksi diri dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Berkaitan dengan studi Mahasiswa, perlu dilakukan muhasabah, agar memperbaiki apa yang kurang hinga mampu menata masa depan yang lebih jelas,” ujar beliau di akhir sambutannya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dan doa yang disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Kms. Badaruddin, M.Ag., dan Ustadz Sofyan Daim, M.Hi.

Kegiatan diakhiri dengan doa dan sesi foto bersama. (Rilis)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kepsek SMK N 3: Pembubaran Komite Sekolah Sudah Sesuai Prosedur

# Pengunduran diri empat Pengurus Bukan Tidak Transparan Keuangan Sekolah Palembang, Detik Sumsel — Kepala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *