Ekonomi Syariah Harus Bisa Bangkit Lebih Maju Lagi | Detik Sumsel
Pemprov

Ekonomi Syariah Harus Bisa Bangkit Lebih Maju Lagi

Palembang, Detik Sumsel – Di tengah pandemi yang belum bearkhir, ekonomi syariah memiliki peranan penting bagi pertumbuhan perkonomian masyarakat.
Karena itu, ekonomi syariah harus bangkit sehingga bisa menjadi pilihan masyarakat untuk mengembangkan usaha.

Para pelaku ekonomi syariah memiliki tanggungjawab untuk mengedukasi masyarakat dengan pola literasi jemput bola. Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumsel, Herman Deru saat zoom pembukaan Syariah Festival Sriwijaya 2021 yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Sumsel beberapa waktu lalu, Senin (26/07)

Apalagi di tengah pandemi ini semua informasi bisa dilakukan secara daring, hal itu bisa dimanfaatkan untuk memberikan edukasi seputar ekonomi syariah. Karena kenyataan di lapangan ekonomi syariah belum.begitu familier sehingga perlu diperkenalkan bahwa ekonomi syariah bukan hanya sekedar menyangkut halal dan non halal.

Menurutnya, MUI juga memiliki peranan penting dalam perkembangan ekonomi syariah, bukan hanya sekedar membetikan labelisasi dalam hal makanan. Tetapi labelisasi bisa menyangkut semua faktor pendukung perekonomian seperti perhotelan, usaha perdagangan hinga kos-kosan.

“MUI harus jemput bola, mendata para UMKM untuk diberikansertifikasi.Janganlah terlalu ribet dalam pemberian sertifikasi, harus fleksibel selagi tidak melanggar kaidah-kaidah yang ada.”Jelasnya

Ia mengapresiasi Syariah Festival Sriwijaya 2021 yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Sumsel dengan harapan dapat membangkitkan perekonomian syariah di tengah masyarakat.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Hari Widodo menilai literasi dan keuangan ekonomi syariah masih rendah. Karena itu diperlukan berbagai hal mengenalkan atau mengembangkan ekonomi syariah kepada masyarakat.

Salah satunya melalui Festival syariah atau Fesyer yang menjadi agenda rutin tiap tahun yang digelar Bank Indonesia dinilai menjadi bagian meningkatkan literasi ekonomi syariah tersebut.

Pada tahun ini, Fesyer 2021 Pulau Sumatera digelar di Provinsi Riau.BI Perwakilan Sumsel juga menggelar Syariah Festival Sriwijaya atau Syafari 2021,”jelasnya.

Ditambahkannya, Syafari 2021 digelar dua hari, dilaksanakan online dan offline terbatas. Dibagi menjadi dua topik, baik webinar pembiayaan dan wakaf produktif diisi oleh Ketua OJK, Rektor UIN, CEO Bank Syariah, Ketua masyarakat ekonomi syariah, lalu topik lainnya yakni, perkembangan tourism syariah, perjalanan UMKM syariah, juga ada topik aplikasi ekonomi syariah yang lebih populer. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Angin Segar Bagi Dealer, PPNBM Diperpanjang Hingga 31 Desember

Palembang, Detik Sumsel – Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *