Fakta Permainan Lato-Lato yang Viral di Medsos, Mulai dari Asal-Usul Hingga Manfaat

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com – Dalam beberapa pekan terakhir, mainan lato-lato mendadak viral dan diminati oleh masyarakat khususnya anak kecil.

Viralnya lato-lato dimulai dari TikTok, di mana banyak pengguna perlihatkan keahlian mereka memainkan dua bola berbahan polimer tersebut.

Berikut ialah sejumlah fakta lato-lato yang sedang heboh di kalangan masyarakat saat ini.

Sudah Sempat Populer di 90-an

Lato-lato merupakan permainan tradisional yang sudah populer sejak tahun 1990-an. Permainan ini dulunya banyak terdapat di kawasan pedesaan.

Kata lato-lato sendiri identik dengan bahasa tradisional yang berasal dari bugis. Penamaannya di tiap daerah berbeda-beda. Di Jawa, mainan tersebut disebut sebagai etek-etek, tetapi di daerah Makassar disebut sebagai katto-katto.

Bukan Permainan Asal Indonesia

Meskipun ramai menjadi bahan pembicaraan di Indonesia dari dulu hingga sekarang. Ternyata permainan ini tidak berasal dari tanah air. Ia pertama kali ditemukan pada tahun 1960-an di Amerika Serikat yang disebut sebagaiΒ clankers.

Namun karena potensi dapat menjadi senjata yang melukai orang dan bahkan sempat memakan korban jiwa, permainan tersebut sempat dilarang di tahun 1970-an di Amerika Serikat.

Sempat Dijadikan Senjata

The Bolas atau Boleadoras di Argentina memiliki bentu yang mirip dengan lato-lato hanya saja dengan bahan yang berbeda serta penggunaannya yang ditujukan sebagai senjata. BoleadorasΒ digunakan oleh koboy Argentina untuk memburu hewan.

Cara Memainkan Lato-Lato

Cara memainkan lato-lato terlihat mudah yaitu dengan cara menggoyangkan dan menyeimbangkan kedua bola agar saling berbenturan. Namun untuk sebagian orang yang baru mencoba mungkin akan bingung bagaimana mekanisme permainan ini.

Berikut cara mudah memainkan lato-lato:

  1. Masukkan jari telunjuk kanan diantara celah tali atau tepat di tengah-tengah
  2. Buat ikatan dengan cara memutar tali pengait berbentuk cincin
  3. Posisikan tangan seperti akan berjabat tangan saat memegang lato-lato.
  4. Jika sudah siap, gerakan perlahan tangan ke atas dan ke bawah sehingga dua bola lato-lato saling berbenturan dan menghasilkan bunyi
  5. Apabila gerakan sudah stabil, naikkan sedikit kecepatan tangan agar lebih kencang.
  6. Selalu jaga keseimbangan dan fokus
  7. Jangan menyerah untuk terus mencoba hingga berhasil

Manfaat Permainan Lato-Lato

Dibalik cara mainnya yang terlihat sederhana, lato-lato menyimpan banyak manfaat khususnya untuk anak kecil. Berikut ialah beberapa manfaat dari permainan ini:

  1. Menambah kepercayaan Diri
  2. Melatih kemampuan dasar motorik
  3. Melatih ketenangan pikiran
  4. Melatih kesabaran
  5. Melatih keseimbangan tubuh

 

Komentar