FITK UIN RaFa Jadi Tuan Rumah Olimpiade Sains Mahasiswa se-Sumbagsel | Detik Sumsel
BNI"
Penyelenggaraan OSM yang merupakan kali pertama bagi FITK ini berlangsung pada hari Kamis, 21 Oktober 2021 di gedung FITK kampus B Jakabaring Palembang.

FITK UIN RaFa Jadi Tuan Rumah Olimpiade Sains Mahasiswa se-Sumbagsel

Palembang, Detik Sumsel- Tahun ini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Raden Fatah Palembang menggelar Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) se-Sumbagsel. Penyelenggaraan OSM yang merupakan kali pertama bagi FITK ini berlangsung pada hari Kamis, 21 Oktober 2021 di gedung FITK kampus B Jakabaring Palembang.

Hadir dalam kegiatan pembukaan OSM ini Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah, M.Ed., Kasubag Kepegawaian FITK Dr. Fadli, Humas FITK, para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FITK, para Dosen FITK, segenap panitia, dan seluruh peserta OSM.

Dalam sambutan laporannya, Dr. Hartatiana, M.Pd., Ketua Pelaksana sekaligus Kaprodi Pendidikan Matematika menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran pimpinan FITK atas dukungannya dalam penyelenggaraan kegiatan OSM ini, begitu pula kepada segenap panitia pelaksana yang telah berkerja keras hingga terlaksananya kegiatan ini. “Kegiatan ini merupakan wujud dari eksistensi Prodi Sains di FITK. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan iklim kompetitif pada mahasiswa, sebagai upaya untuk mencari bibit sumber daya manusia (SDM) unggul dalam bidang sains. Tentunya jika ada event yang lebih besar lagi, akan diikutsertakan,” ujar beliau. Beliau juga menyampaikan, jumlah peserta OSM ini 84 orang yang terdiri dari 17 peserta OSM Matematika, 31 peserta OSM Biologi, 28 peserta OSM Fisika, dan 8 peserta OSM Kimia. “Event ini diselenggarakan untuk mahasiswa se-Sumbagsel, namun ternyata peserta bahkan ada yang dari pulau Jawa, yaitu STKIP Al Hikmah Surabaya. Selain itu peserta juga berasal dari UNILA, STKIP Lubuk Linggau, UNSRI, Universitas PGRI Palembang, dan tentunya dari UIN Raden Fatah Palembang. Ini merupakan suatu prestasi dan kebanggaan bagi FITK, khususnya Prodi Sains,” tutup beliau.

Sambutan berikutnya yang sekaligus membuka kegiatan ini disampaikan oleh Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah, M.Ed. Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia kegiatan yang telah bekerja keras, cerdas, dan Ikhlas. “Kegiatan ini tentunya diikuti oleh mahasiswa karena kesadaran dari mahasiswa sendiri. Kita mencari pengalaman itu bukan karena orang lain, tapi dari interinsik kita sendiri, inilah soft skill. Jadi MBKM yang digalakkan itu tujuannya adalah agar mahasiswa kreatif, mencari dan mengembangkan potensi diri, selain ditempuh di bangku kuliah. Tidak ada prestasi orang itu langsung dimulai dari atas, tapi dari bawah, dan melalui kegagalan-kegagalan.

Oleh sebab itu kita harus mengasah diri sendiri. Sebagian besar orang yang berhasil di dunia ini bukan karena IQ yang tinggi, tapi karena memiliki soft skill yang baik. Jadi jika kita ingin maju, harus dari diri kita sendiri, sedangkan bagian eksternal hanya mendorong kita. Oleh karena itu disiapkan dari sekarang. Karena itu, saya sangat mengapresiasi mahasiswa yang datang dari jauh untuk mengikuti OSM ini,” tambah beliau.

Beliau mengutip surat Al-Mujadalah 11, bahwa Allah akan mengangkat derajat seseorang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat tanpa diminta. Karena itu, sekecil apapun yang kita lakukan dengan niat yang ikhlas, yakinlah bahwa yang kita ikhtiarkan itu akan diperhitungkan. Selamat untuk peserta OSM, semoga kegiatan ini lancar dan sukses, tutup beliau di akhir sambutannya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Saintek Expo UIN Rafa 2021 Sambut Generasi Milenial di OPI Mall

Palembang, Detik Sumsel- Untuk keenam kalinya Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Expo hasil penelitian dosen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *