Gadged, Rupanya Jadi Faktor Munculnya Predator Anak di Lahat | Detik Sumsel
BNI"
Kanit PPA Polres Lahat Ipda Omin Suhandi

Gadged, Rupanya Jadi Faktor Munculnya Predator Anak di Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Sejak dirobohkannya lembaga pemerintah perlindungan perempuan dan anak (LP3A) Lahat pada akhir 2017 lalu. Angka kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Lahat, tahun ini kian meningkat. Hal ini dibuktikan hampir setiap bulan, ada saja yang melapor jadi korban para predator anak.

Unit PPA Satreskrim Lahat mencatat, hingga September 2018 saja sudah ada 19 kasus. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya 11 kasus. Gadget dan internet, jadi faktor yang membuat terjadinya pelecehan seksual terhadap anak. Seperti kasus Kananda Herman beberapa waktu lalu. Guru cabul itu mengaku awalnya tergoda anak-anak, lantaran sering liat media sosial.

“Tahun ini memang meningkat, sampai September saja ada 10 tersangka yang ditahan, 8 sudah P 21. Satu tersangka lagi, baru akan kita tangkap hari ini. Rata-rata pelakunya orang dekat korban,” terang Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Satria, didampingi Kanin PPA, Ipda Omin Suhandi, Selasa (25/9).

Pendampingan bagi korban predator anak di Lahat, kini diambil alih lagi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Lahat. Sayangnya dengan beralasan minimnya anggaran yang didapat, membuat sosialisasi tidak merata di 24 kecamatan yang ada. Alhasil predator anak menjadi lebih leluasa bertindak, tanpa tahu hukuman apa yang bakal didapat.

“Sosialisasi dari dinas terkait pasti ada, walaupun tidak merata. Tapi baiknya dana itu lebih digunakan untuk pendampingan kasus. Intinya kalau pendampingan kasus sampai “mandul”, tingkat kepercayaan masyarakat bakal berkurang. Aksi predator anak pun tidak bakal terhenti ” terang mantan Ketua LP3A Lahat, Aplitara. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Puncak Peringatan HGN dan HUT PGRI di OKU Berlangsung Hikmad

Baturaja, Detik Sumsel – Puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI tahun 2021 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *