Gandeng Awak Media, Bawaslu Ogan Ilir Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Jelang Pemilu 2024

Iklan detik Sumsel

Indralaya, Detiksumsel.com – Selain berbagai teknis persiapan tahapan mulai dilakukan secara intensif Oleh Bawaslu Jelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak di 2024 sejumlah Daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Ogan Ilir.

Langkah upayah pengawasan secara partisipatif juga dilakukan dengan menggandeng Media Massa sebagai salah satu penyampai informasi, dalam mengawal berlangsungnya demokrasi. 

Hal tersebut dirangkai melalui kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Yang diselenggarakan Oleh Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir mengusung tema “Peran Media Massa dalam Pengawasan Partisipatif Pada Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024″.

Kegiatan ini digelar di Hotel 101 Rajawali Palembang mulai 28 november Sampai dengan 29 november 2022.

Disampaikan Ketua Komisioner Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar disela pembukaan acara itu, bahwa peran media dirasa penting dalam hal penyampaian informasi terkait Pemilihan Umum baik dari proses, edukasi pemilih hingga informasi secara terupdate.

Maka awak media perlu diikut sertakan dalam pengawasan secara pertisipatif.

”Tujuan sosialisasi ini ialah membuat masyarakat memahami tugas, fungsi dan pokok Bawaslu. Sosialisasi kepada awak media merupakan upaya Bawaslu Ogan Ilir sebagai langkah untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Ogan Ilir,” ujar Iskandar.

Lanjut Iskandar, dari beberapa kali pelaksanaan Pemilu di Ogan Ilir yang sukses dilaksanakan, termasuk isu-isu ataupun kejadian yang terjadi kerap mencuat dimedia sosial dan menyebar secara luas.

Hal ini perlunya filter sumber informasi secara akurat oleh media profesional.

”Rangka peningkatan demokrasi salah satu upaya yang dilaksanakan adalah melalui media sehingga pesan dari pelaksana Pemilu ataupun Pengawas Pemilu akan benar-benar dapat tersampaikan ke masyarakat. Tentunya Awak media yang secara profesionalitasnya akan mengolah informasi itu sehingga masyarakat bisa mencernanya secara positif,” tuturnya.

Sementara itu Plt Ketua Sekretariat Bawaslu Ogan Ilir Muslimin menambahkan, inisiatif gerak agenda sosialisasi bersama media ini diharapkan dapat mendorong  tugas dan fungsi Bawaslu secara maksimal.

”Dengan peran serta Media Massa mudah-mudahan turut mendorong terlaksananya tugas pokok serta Fungsi kita dengan maksimal. Secara dini juga kami akan tetap lakukan penguatan lembaga, baik melalui kajian dan evaluasi apa yang telah dilakukan selama ini sehingga bisa diproyeksikan langkah perbaikan mendatang,” tutupnya. (AL)

Komentar