Gandeng Polda, Kanwil Kemenkumham Sumsel Vaksin 625 Warga Binaan Rutan Klas I Palembang | Detik Sumsel
BNI"
Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto saat meninjau vaksinasi di Rutan Klas I Palembang

Gandeng Polda, Kanwil Kemenkumham Sumsel Vaksin 625 Warga Binaan Rutan Klas I Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Kanwil Kemenkumham Sumsel menggandeng Biddokkes Polda Sumsel untuk memberikan vaksinasi kepada 625 warga binaan yang mendekam di Rutan Klas I Palembang Selasa (2/11/2021).

Pemberian vaksin dosis pertama ini merupakan gelombang kedua yang diberikan kepada warga binaan yang turut di pantau langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko SH MH dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko SH MH mengatakan penyuntikan vaksinasi kepada warga binaan di Rutan Klas I Palembang Kanwil Kemenkumham menggandeng dan kerja sama dengan Polda Sumsel.

“Vaksinasi ini adalah bagian dari percepatan untuk mencapai herd immunity termasuk bagi warga binaan,” ujar Indro didampingi Karutan Pakjo, Mardan SH, MH.

Dalam vaksinasi gelombang pertama di Rutan Klas I Pakjo telah memvaksinasi 632 warga binaan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Palembang pada 22 September 2021 lalu.

Penyuntikan vaksinasi ini dimulai proses screening awal yang terdiri dari pengukuran tensi dan pendataan kondisi kesehatan dan riwayat penyakit oleh tenaga medis dari Polda Sumsel.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini terdapat kendala dimana beberapa warga binaan yang akan vaksin ada nomor induk kependudukan warga binaan ada yang tidak terdaftar pada Dinas Dukcapil.

“Kedepannya Menteri Hukum dan HAM RI akan menyurati Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri mengenai proses pelaksanaan vaksinasi warga binaan semoga bisa dilaksanakan tanpa memerlukan NIK,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Toni Harmanto mengatakan warga binaan juga memiliki hak untuk mendapat vaksin  sama seperti orang pada umumnya.

“Untuk masalah sinkronisasi NIK yang dihadapi warga binaan disini sudah langsung saya sampaikan pada kepala dinas Capil provinsi untuk menyikapi hal ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Kapolda juga menyempatkan diri menyapa warga binaan dan memberi semangat bagi tenaga kesehatan yang bertugas.

“Dengan gencarnya program vaksinasi ini, capaian untuk Herd Immunity termasuk yang disini bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini pihak Rutan Klas I Palembang tetap menerapkan protokol kesehatan dimana seluruh warga binaan yang akan di vaksin diwajibkan tetap memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ruang vaksinasi serta menjaga jarak.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Oknum Dosen Unsri Terlapor Kasus Pelecehan Mahasiswi Tidak Penuhi Panggilan Polisi

Palembang, Detik Sumsel — Oknum dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) yang dilaporkan dalam kasus dugaan pelecehan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *