Gandeng Polri, KPU Lahat Gelar Simulasi Pencoblosan | Detik Sumsel
BNI"
Suasana simulasi pencoblosan di Lapangan Seganti Setungguan. Foto Heru/DS

Gandeng Polri, KPU Lahat Gelar Simulasi Pencoblosan

Lahat, Detik Sumsel — KPU Kabupaten Lahat bersama Polres Lahat, dan Kodim 0405 Lahat, gelar simulasi pencoblosan Pemilu serentak yang bakal digelar 27 April mendatang. Simulasi yang dipusatkan di Lapangan Seganti Setungguan ini, digelar persis usai gelar pasukan Ops Mantap Brata, menghadapi PAM kampanye terbuka dan pencoblosan.

Ketua KPU Lahat, Nana Priana SHi MM menuturkan, simulasi tersebut bertujuan untuk mendeteksi potensi kerawanan di tempat pemungutan suara (TPS). Untuk itu sejumlah adegan diperankan, agar mengenal ancaman yang mungkin muncul saat pencoblosan.

“Kita optimis, maskipun jumlah surat suaranya banyak, masyarakat tidak akan kesulitan saat mencoblos,”tuturnya, Jumat (22/3).

Dari lima kertas suara, diantaranya Capres, DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Lahat. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 menit lebih, untuk satu pemilih melakukan proses pencoblosan di bilik suara.

“Dari simulasi ini petugas pengamanan bisa melihat, kerawanan apa saja yang bisa terjadi, juga cara menanganinya,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK mengatakan, pihaknya siap mensukseskan jalannya Pemilu serentak ini. Selain simulasi ini, hal lain juga perlu mendapatkan perhatian. Seperti alur distribusi logistik pemilu, ke daerah-daerah yang sulit ditempuh.

“Kita pastikan seluruh anggota jajaran Polres Lahat siap mensukseskan Pilkada serentak ini. Baik dari pengawalan logistik pengamanan, hingga pencegahan kerawanan,” kata Ferry. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Danrem Gapo Ikut Rakor Jumlah Final Operasi PPKM dan Vaksinasi

Palembang, Detik Sumsel — Komandan Korem (Danrem) 044 / Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *